Rabu, 09 Februari 2011

Kacang Medan (Kacang Telor)

Gara2 belum puas ma kacang sukro pedes titip beli di Belanda akhirnya bikin sendiri kacang telor (ga nemu resep bikin kacang sukro soalnya:P). Idenya bikin kacang telor yg lapisan tepungnya banyak alias tebel seperti kacang medan ato juga kacang bali. Ya gini deh kalo jauh dari tanah air, makanan yg di Indonesia gampang diperoleh kalo disini apa2 kudu buat sendiri (syukur2 kalo ada di toko asia:P). Berhubung Sahnon lg batuk dan ayah ga demen kacang, jadi kacang ini aku buat spesial buatku aja hehehe...rakus ya bo'!. Karena aku sesuaikan ma seleraku akhirnya aku bikin rasa pedes pake cabe rawit kering yg aku halusin (blender).

Resep ma cara pembuatannya sebenernya ga terlalu sulit cuman pas gorengan batch ke-3 kok minyaknya jd berbusa banget yah...apa karena kandungan telurnya ato karena pemakaian baking powder nya...hmmm...if you have the answer:)?


Bahan:
1. 250 gr kacang tanah
2. 2 butir telur ukuran kecil
3. 1 sdt cabe bubuk (tp kurang pedes tuh)
4. 4 sdm gula pasir
5. 1 ½ sdt garam
6. 1 sdt bawang putih bubuk (ato pake 2 siung bawang putih dihaluskan)
7. Minyak goreng

Bahan kering:
1. 200 gr tepung terigu
2. 2 sdm tepung tapioka
3. ½ sdt baking powder

Cara membuat:
1. Kocok dalam mangkuk besar telur, garam, gula pasir, bawang putih bubuk, dan bubuk cabe hingga larut merata. Lalu masukkan kacang dan aduk merata.
2. Dalam mangkuk lain campur (kalo perlu ayak) bahan tepung.
3. Masukkan bahan tepung ke dalam mangkuk campuran kacang dan telur. Goyang2kan mangkuknya kalo perlu gunakan tangan hingga kacang berbalur tepung tebal. Jika dirasa masih terlalu basah dan kacang banyak yg bergerindil tambahkan lagi tepung terigu per 1 sdm sambil diaduk2 pelan dengan tangan.
4. Panaskan minyak banyak dengan api kecil (skala 3 dr 1-6). Masukkan kacang berbalur tepung dan goreng hingga kuning kecoklatan. Jangan lupa dibalik2 biar matang merata dan yg menggerindil bisa terlepas. Setelah kuning kecoklatan angkat dan tiriskan di atas Koran ato tisu dapur. Biarkan hingga dingin lalu simpan dalam toples.
5. Menggorengnya jangan sekaligus bisa dibagi 2 kali penggorengan biar matangnya merata.
Sekedar tips biar kacang telurnya garing dan awet renyahnya, setelah selesai digoreng dioven kembali di suhu 200®C selama 10-15 menit. Coba peratiin deh saat dioven minyak yg bersarang di dalam lapisan tepung akan keluar dengan demikian kacang akan menjadi lebih garing.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...