Senin, 21 Maret 2011

Tekwan (versi Mbak Novi)

Dihidangkan tekwan pas acara belajar bikin pempek di rumah mbak Novi bener2 bikin kita semua yg hadir tersepona dengan kelezatan tekwan buatan beliau. Ternyata rahasia sedap tekwan buatan Mbak Novi ada di kuahnya yg menggunakan udang gala yg diblender. Kalo anda alergi udang ato ga demen ma bau udang...buruan deh tutup blog ini...coz this one is so yummy and udang banget!. Seneng banget dapet resep tekwan, walopun sebelumnya jg aku pernah buat tekwan, tp perbedaan mencoloknya adalah si kuah (kalo soal variasi isian sih tergantung selera ajah). Seneng banget deh kl dapet pelajaran baru soal masakan...walopun udah punya blog masakan aku jg belum terlalu expert...dan masih seneng belajar masak ma yg ahli:).

Begitu dikasih tau kalo kuah tekwannya yg sedep itu karena pake udang gala diblender akhirnya kuberburu udang gala, dan ternyata.....udang ini diimpor dari Indonesia loh...duuhhh haru banget deh kl liat produk Indo beredar di Eropa. Pas beli udang ini emang lg promo barang asia juga jd harganya ga gitu mahal 1 kotak kalo ga salah 9 Euro isi 8 ato 10 ekor. Dan 1 lagi rahasia sedep tekwan mbak Novi adalah di pempek nya, beliau prefer tuk bikin buletan2 tekwan dr adonan pempek bukan pempek lenjer yg dipotong2. Tapi berhubung aku nyetoknya pempek lenjer jadinya pake ini aja yg penting rasa ikannya tetep kerasa (bukan makan kanji doang). Sekarang kl pengen makan tekwan berasa gampang deh:)!


Bahan:
1. 2 ekor udang galah (udang besar deh pokoknya)
2. 100 gr udang black tiger (ato sesuai ketersediaan)
3. 1 genggam jamur kuping/jamur hitam (rendam air hingga mekar)
4. Bunga sedap malam (rendam air hingga lunak)
5. 6 buah pempek lenjer ukuran kecil, potong2
6. ½ buah lobak ukuran kecil, potong korek api
7. 2 batang daun bawang (bagian ijonya aja), iris halus
8. ½ butir pala, geprak (jangan dihaluskan)
9. ½ sdt merica bubuk
10. 2 sdt garam
11. 1 sdt gula
12. 1 L air
13. 3 lembar daun salam
14. 3 siung bawang putih, haluskan
15. 1 sdm mentega tuk numis

Cara membuat:
1. Cuci bersih bunga sedap malam, ikat simpul.
2. Cuci bersih jamur hitam, potong2 sesuai selera.
3. Kupas udang black tiger (ato beli yg udah kupasan), kerat punggungnya.
4. Kupas udang gala, kulitnya masukkan dalam panci berikut juga kepalanya. Tapi jangan lupa membuang kotoran (warna kehijauan) di bagian kepala udang.
5. Blender daging udang gala plus 100 ml air hingga menjadi bubur.
6. Masukkan ke dalam panci air, kulit udang, kepala udang dan juga bubur udang. Aduk-aduk hingga tidak ada gumpalan bubur udang. Setelah bubur udang merata bersama air nyalakan kompor dan terus aduk hingga bubur udang berubah menjadi buliran halus. Jangan pernah memasukkan bubur udang dalam air panas karena si udang menjadi matang dan menggumpal/nggrindil.
7. Panaskan mentega, tumis bawang putih hingga wangi lalu tambahkan irisan daun bawang. Tumis hingga matang.
8. Masukkan tumisan bawang ke dalam panci rebusan, tambahkan daun salam, pala, merica, garam, dan gula. Aduk rata.
9. Masukkan udang, jamur kuping, bunga sedap malam dan lobak. Aduk rata dan cicipi rasanya.
10. Terakhir masukkan potongan pempek lenjer, masak sebentar lalu matikan apinya.

Udang gala yg baru keluar dr freezer (produk Indonesia nih!)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...