Jumat, 21 Januari 2011

Kentang Panggang Herbs

Cuman kalo pas pergi liburan aja kita 'jajan' McD dan yg aku suka itu kentang goreng yg masih ada kulitnya, namanya patata deluxe...ga tau deh kl McD di Indo apa ada juga jenis kentang goreng ini. Kentang ini beda ma french fries yg cenderung garing itu, kalo kentang yg aku suka ini lebih moist. Nah sebenernya ada tuh alat penggorengan yg bisa bikin kentang model gini, cukup minyak 1 sendok tuk 1 kg kentang...tapi sayang euy alat ini makan watt besar dan harganya masih lumayan banget tuk dibeli...jd ampe sekarang cuman msh dalam angan2 aja:). Tuk menyiasatinya akhirnya aku panggang aja pake oven...hehehe sayang kan punya fasilitas oven tp jarang dipake. Bikinnya sih gampang, secara bumbunya serba jadi (bubuk semua), yg agak menyita perhatian adalah soal pemanggangan aja, karena kudu dibalik2 ke semua posisi biar matang merata. Pas udah jadi enak dicocol ke mayo dan saos...yuukk mareee.


Kentang dipotong bentuk wedges (kirain sepatu doang yg model gini hehehe...), 1 buah kentang jadi 6 potong. Bubuhi dengan garam, paprika bubuk (kalo ga punya ganti aja pake merica), oregano kering, ama persillade bubuk (sejenis daun persil yg kering) plus 1 sdm olive oil. Aduk rata semuanya dan diamkan 10 menit agar meresep ke kentang. Siapkan oven pada suhu 180 degree, lalu susun kentang di atas loyang yg sudah dioles sedikit minyak. Posisi pertama adalah bagian kulit di bawah, oven selama 20 menit. Lalu ganti ke posisi kedua dengan kentang menghadap kanan (lakukan hal yg sama pd semua potongan kentang biar ga bingung ntar ganti posisinya) lalu oven kembali 10 menit. Posisi terakhir kentang menghadap ke kiri dan oven selama 10 menit...tra ra ra...jadi deh siap disantap hangat2:).

Yang bintik2 agak gosong itu adalah daun persil dan oregano...kedua herbs ini yg bikin aroma kentang jadi lebih wangi dan gurih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...