Senin, 17 Januari 2011

Nasi Goreng Cina

Seringkali kita end up di resto China kalo lg liburan. Maklum lidah ini ga terbiasa dengan masakan eropa...bukannya ga mau coba loh...udah sering nyoba bahkan nyoba resto yg direkomenin ma majalah wisata tp yg ada malah bingung sendiri ma nama makanannya dan bentuknya yg seperti apa. Daripada laper dan ga jelas ya udah deh resto China jd alternatif utama (selain KFC dan McD!). Beruntung kalo bisa nemuin resto China yg sistim buffet & wok, krn ga perlu repot ngomong pesen menu, tinggal liat dan pilih apalagi kl yg wok...bisa pilih bahan seger (sayur, seafood, daging) sesuai selera dan minta dimasak dengan berbagai pilihan rasa. Sewaktu di Marbella, Spain desember kemaren tanpa sengaja kita nemu resto china yg sistim buffet & wok...deuhhh pilihan seafoodnya seger2 dan beraneka ragam (segala jenis udang, kerang, kepiting dan ikan tersedia)...yg ada lapar mata kenyang perut deh....Alhamdulillah:)!.

Karena beberapa kali ke resto China, aku meratiin nasi goreng mereka beda ma nasi goreng di Indonesia. Terutama di Spanyol, nasi goreng alal resto China itu warnanya pucat (pasti ga pake kecap manis...mana kenal mereka kecap manis yg asli Indo itu hehehe), ada potongan wortel, kacang polong (petit pois), dan irisan jambon (daging babi). Begitu nyampe rumah aku coba bikin nasi goreng seperti itu tapi daging jambon de porc nya aku ganti jambon de dinde yg halal (bersyukur banget walo tinggal di Prancis tp banyak bahan makanan halal). Biar nasi gorengnya mawur (apa yah bahasa Indo nya??), pake nasi sisa semalam ato masak nasi dengan takaran air lebih sedikit dari biasanya biar nasinya agak akas (nah apa lg yah bahasa Indo yg benernya??).


Bahan:
1. 2 porsi nasi dingin
2. 3 sdm kacang polong (aku pake yg frozen, siram air mendidih)
3. 3 sdm wortel potong kotak kecil, siram air mendidih (aku pake 1/4 bagian wortel)
4. 1 butir telur, kocok lepas
5. 2 lembar daging asap, potong kotak kecil (aku pake jambon de dinde), mungkin bisa diganti sosis sapi
6. 3 siung bawang putih, geprek lalu cincang
7. Merica bubuk
8. Saos tiram
9. Kecap ikan
10. Kecap asin
11. Minyak tuk menumis

Cara membuat:
1. Panaskan 3 sdm minyak, masukkan telur kocok. Buat orak arik, angkat sisihkan.
2. Gunakan minyak bekas menggoreng telur, tumis bawang putih cincang hingga layu, masukkan nasi. Tambahkan daging asap.
3. Aduk-aduk rata, beri merica bubuk lalu masukkan saos tiram, kecap ikan dan kecap asin. Aduk kembali hingga membentuk nasi yg lepas2. Tambahkan sayuran dan telur orak arik. Aduk kembali hingga semuanya merata.
4. Cicipi rasanya, rasa nasi goreng ini cenderung asin/gurih. Jika sudah pas, angkat dan segera sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...