Kamis, 20 Januari 2011

Otak-otak Goreng

Selalu kangen ma makanan ma cemilan Indonesia...habisnya itu yg memang cocok di lidah sih:). Apalagi suami doyannya ma cemilan yg asin dan gurih, apalagi kl judulnya digoreng...ga brenti2 deh makannya. Blio dah lama banget request makanan satu ini, tp ga pernah dibuatin soalnya si istri masih belum paham soal pembentukkannya. Udah coba browsing kesana kemari kok belum nemu juga yah cara pembentukkannya...kalo diceritain kok kayanya mudah ajah tp pas dilakonin kok ga semudah ceritanya ya:).

Kebetulan lg ada promosi ikan fillet perche du nil di supermarket (biasanya di atas 12 Euro ini cuman 6.9 Euro sekilonya...jadi deh borong 2 kilo). Ikan fillet ini jd alternatif utama untuk segala jenis makanan yg membutuhkan ikan fillet, tp kadang aku jg pake ikan cabillaud...tergantung mana yg lg murah ajah:)

Bikin adonannya gampang banget (secara semua dikerahkan ke FP hehehe), tp pas ngebentuknya...wedewww kok ga seperti bayanganku yah. Pertamanya aku ambil 1 sdm adonan lalu dibentuk lonjong dengan tangan yg udah dilumuri sagu, tp yg ada tuh bukan bentuk lonjong tp bletot2 ga karuan dan ga mulus sama sekali...tp keburu kejar tayang (ayah pulang lunch 30 menit lg) jadi aja 1/2 adonan dibuat seadanya. Pas pulang lunch si ayah girang banget nemu otak2 goreng tersedia di meja...ga komen tuh soal bentuknya yg ngga banget hehehe...ga tega kali ya istrinya dah capek masak:). Sambil makan aku mikir lama gimana ya ngebentuknya biar bisa mulus rapi kaya yg dijual si abang2 itu. Akhirnya aku coba pake sarung tangan plastik dan aku lumuri minyak bagian telapaknya...woww ternyata lebih mudah membentuknya dan hasilnya muluzzz. Yang begini ini nih yg aku hargai dalam proses memasak...lesson learnt nya itu loh!. Eits...kalo yg di foto ini masih kurang mulus...maaf yah namanya juga pemula:)


Bahan:
1. 1 buah fillet ikan perche du nil/ikan berdaging putih (±500 gr)
2. 2 buah telur (ambil putihnya aja)
3. 100 ml santan kental
4. 3 siung bawang putih, haluskan
5. ½ sdm merica bubuk
6. 1 ½ sdt garam
7. 1 ½ sdt gula pasir
8. 200 gr tepung sagu/tapioka
9. 1 batang daun bawang, ambil bagian hijaunya aja lalu iris halus
10. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Haluskan ikan pake FP biar cepet.
2. Dalam wadah campur ikan dan santan. Lalu beri garam aduk hingga ikan mengental (pemberian garam akan meningkatkan kepekatan ikan) setelah kental baru tambahkan gula pasir dengan jumlah takaran yg sama dengan garam (1:1).
3. Masukkan bawang putih halus, merica, dan irisan daun bawang. Aduk rata kemudian tambahkan putih telur. Aduk kembali hingga telur dan ikan menyatu.
4. Terakhir masukkan tepung sebagian2 sambil diaduk hingga menjadi adonan yg bisa dibentuk, tp jangan terlalu banyak tepung, ntar alot jadinya.
5. Sambil menyetak adonan, panaskan minyak dengan api sedang. Banyaknya minyak kira2 hingga otak2 terendam.
6. Lapisi tangan dengan sarung tangan plastik, kalo tdk ada bisa gunakan plastic kiloan, lumuri dengan sedikit minyak. Ambil 1 sdm adonan, bentuk bulat seperti bakso lalu gulung dengan 2 telapak hingga berbentuk lonjong dengan bagian ujung2nya melancip. Langsung masukkan adonan yg udah dibentuk ke dalam penggorengan, goreng hingga kuning keemasan (jgn lupa dibalik yah). Lakukan hingga selesai.


Sajikan dengan sambal kacang (pernah diposting tuk otak-otak bakar) ato kl males bikin bisa dicoel2 ke sambal Bangkok Indofood....tetep enak kok:)

1 komentar:

  1. Salam mbak....ini saya sudah coba enak. Kalo di kukus dl baru di goreng bs gk mbak?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...