Rabu, 12 Januari 2011

'Penyelamat' Liburan

Udah lama banget ga update blog...ampe lupa password sendiri hehehe. Masih 'recovery' abis pulang liburan selama 2 minggu keliling Spanyol....berjibaku ama cucian, setrikaan dan urusan beberes rumah yg kok ga kelar2 yah...hehehe. Alhamdulillah udah kelar urusan 'oleh2' liburan tinggal rutinitas rumah tangga seperti biasanya. Ada cerita lucu deh soal liburan kami selama tinggal di Prancis ini. Kalo di Indonesia liburan bisa identik dengan wiskul alias wisata kuliner, tapi disini nyaris sulit untuk dilakukan, selain ga kenal ama menu yg tersedia, kita juga ngalamin kendala dengan kandungan makananannya (ditakutkan mengandung babi). Kalo masih liburan di Prancis sih masih bisalah diselidiki soal kandungannya tapi kalo udah di negara lain yg bahasa Inggris aja mereka ga kenal ampyuuun deh...urusan pesan makanan bisa lebih lama dari proses pembuatannya itu sendiri hehehe. Yg paling lucu waktu kita liburan ke Andorra, waktu pesen makanan kita memastikan bahwa sup nya ga pake daging babi aja lama bener, udah pake bahasa Prancis dan Inggris si pelayan tetep ga mudeng...yg ada akhirnya kita pake bahasa isyarat...mencirikan bunyi babi...hahaha...konyol banget deh!


Sebenernya setiap pergi liburan aku selalu membawa rice cooker dan kompor listrik portable, entah liburan cuman 2 hari ato sebulan...pokoknya selalu siap sedia. Selain perut kami ini ga cocok ma makanan bule (baca: doyan nasi) juga sering ribet ma urusan pesen menu seperti cerita di atas. Jadi walopun liburan aku tetep aja masak sembunyi2 di kamar hotel, Alhamdulillah udah berkali2 liburan ga pernah kena komplen dr staf hotel. Kayanya kalo kita masaknya rapi dan setelah itu jendela kamar dibuka lebar2 untuk menghilangkan jejak bau masakan, kayanya bakalan aman2 aja deh:). Kalo kebetulan nginep di apart hotel sih lumayan, acara masak memasak ga pake ngumpet2 karena peralatan masak emang disediakan. Lagi liburan tetep masak...capek dong? ya iyalah...bohong kalo bilang ga capek...tapi anggap aja ini merupakan bagian 'pahe' liburan keluarga kami. Dan yg bikin heran Sahnon mending makan nasi dingin daripada makan di KFC/McD/Quick...yg biasanya anak kecil pada doyan.

Apa aja yg bisa dimasak dengan peralatan seadanya gini..? apa aja deh...yg penting cepet dan sesuai lidah hehehe. Selain mie instan dan telur dadar, biasanya aku jg masak udang ato kerang beku yg udah bersih, ato sosis ayam, bisa juga bikin sop ayam, tergantun mood dan ketersediaan bahan juga...soalnya kalo liburan kan kita nomaden, di satu kota bisa cuman semalam ato dua malam aja.

kerang masak tomat & udang dan sosis ala poulet basque

2 peralatan ini aku beli di Makro Balikpapan pas nyiapin kepindahan kesini...ga diniatin awalnya...cuman setiap lorong di Makro aku jelajahi trus ngeliat rice cooker imut gini...mikirnya lucu juga cukup untuk masak keluarga kecil (jumlahnya yee...bukan ukuran orangnya hehehe). Trus pas liat kompor listrik mini gini langsung deh ga pake pikir panjang langsung dibeli buat persiapan kalo ntar pergi berlibur...ternyata berguna banget deh padahal kedua barang ini harganya ga mahal...masing2 kayanya ga nyampe 150 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...