Selasa, 07 Desember 2010

Ayam Bakar Taliwang

Musim dingin gini butuh makanan yg bisa menghangatkan tubuh, biar bisa menghemat penggunaan pemanas hehehe. Biasanya bikin ayam bakar versi manis biar kaka Sahnon jg bisa makan ntar ayah bunda makannya dilengkapi sambal, cuman kali ini bunda sedikit rajin jadi bikin versi manis tuk kaka Sahnon dan yg pedes buat ayah bunda. Ayam bakar pedes ini sebenernya nyontek menu ayam bakar taliwang khas Lombok itu yg puedesss, cuman berhubung ga dibakar ala di atas arang itu kok aromanya jd beda ya?? hmm...tapi masih tetep berasa sih pedesnya. Ayam bakar ini udah sarat bumbu, jd sebenernya dah ga butuh sambal lagi...cuman si ayah kl makan ayam bakar tanpa sambal ga afdol katanya jd minta dibuatin sambal bajak kesukaannya.

Banyaknya cabe tergantung selera pedas yg diinginkan, yg penting ayam diungkep dengan bumbu dan santan hingga empuk dan meresap kemudian dibakar ato dipanggang pake oven seperti yg kulakukan:). Menurut kami bagian ayam yg paling enak dibakar itu adalah bagian paha atas, karena dagingnya yg lebih lembut dan gurih dibanding bagian dada yg rada 'sepo'...apa ya padanan bhs Indo nya??


Bahan:
1. 4 potong ayam (aku pake bag paha atas)
2. 200 ml santan (aku pake 100 ml Kara + 100 ml air)
3. 2 sdm gula merah
4. Garam
5. Gula pasir
6. 1 batang sereh, geprek
7. Minyak untuk menumis

Bumbu halus:
1. 10 buah cabe
2. ¼ sdt terasi
3. 2 siung bawang putih
4. 5 siung bawang merah

Cara membuat:
1. Panaskan 2 sdm minyak goring, tumis bumbu halus dan tambahkan sereh. Tumis hingga bumbu wangi.
2. Masukkan ayam, aduk2 hingga tertutup bumbu.
3. Tuangkan santan, aduk rata. Tambahkan garam, gula dan gula merah. Tutup wajan/panci.
4. Masak dengan api kecil-sedang hingga bumbu meresap dan kuahnya kering (sat). Jangan lupa untuk sering diaduk agar bagian bawahnya tdk gosong.
5. Bakar ayam di atas arang sambil diolesi sisa2 bumbu ungkepan. Atau susun ayam di atas pinggan/Loyang lalu olesi dengan sisa2 bumbu dan oven 160®C selama 30 menit atau tingkat kematangan sesuai selera (krn ayam sebenernya udah matang saat diungkep).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...