Kamis, 09 Desember 2010

Kwetiaw Goreng Sayur

Ke toko asia niatnya mo belanja Indomie buat bekal liburan, terus iseng ngambil kwetiaw kering asal ambil aja dr sekian bnyk pilihan karena ga pernah beli dan masak sendiri sebelumnya. 3 hari kemudian baru kepikiran tuk digoreng buat menu dinner, pas lg ngerebus kwetiaw iseng2 baca komposisinya...hhh harusnya ini kan dilakukan sebelum membeli (bukan contoh yg baik sikapku ini). Tiba2 mata terpana dengan lambang 'halal' di pojok kiri bawah, padahal kwetiaw ini bukan berasal dr negara mayoritas muslim. Subhanallah...ternyata kwetiaw ada jg yg halal. Rasanya seperti diberi peringatan oleh-Nya bahwa jika kita mau teliti dan berikhtiar lebih maka kita bisa memastikan ke-halal-an makanan yg masuk ke tubuh kita walopun kita tidak tinggal di negeri muslim.

Berhubung ini buat dinner (tanpa nasi tentunya), jadinya sekalian aja sayur dan lauknya diolah bareng bersama kwetiaw. Sayurnya terdiri dari sawi, taoge dan kucai plus udang kecil sebagai pelengkap. Banyak resep memakai telur di dalam campurannya, tapi ak skip karena yg begini aja dan lezat ternyata. Kalo ditemeni keluarga mie gini ayah dan Sahnon gampang 'dicekoki' sayur...buktinya semua sayur ga ada yg disingkirin di pinggir piring:)



Bahan:
1. 200 gr kwetiaw kering
2. 100 gr udang kecil, bersihkan
3. 2 bonggol sawi, potong panjang
4. 1 ons taoge panjang, bersihkan
5. 2 batang kucai, potong panjang
6. 3 siung bawang putih, cincang
7. 1 sdm kecap ikan
8. 1 sdm saos tiram
9. 1 sdm kecap asin
10. 2 sdm kecap manis
11. ½ sdt merica bubuk
12. Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Rebus kwetiaw sesuai petunjuk di kemasan, jangan segan tuk dicoba gigit apakah masih alot ato udah empuk. Angkat dan tiriskan, siram dengan air dingin.
2. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang putih hingga wangi. Masukkan udang, aduk-aduk hingga udah berubah warna. Tambahkan batang sawi. Masak sebentar.
3. Masukkan kwetiaw, tambahkan saos tiram, kecap ikan, kecap asin, kecap manis dan merica. Aduk hingga semua bumbu merata, cicipi rasanya sesuaikan selera.
4. Terakhir masukkan daun sawi, taoge dan kucai. Aduk rata semuanya masak sebentar saja biar sayurnya masih segar (kl dimakan kres kres).
5. Angkat segera sajikan.

ternyata kwetiaw kering juga ada halal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...