Kamis, 02 Desember 2010

Tahu Bakso

Sewaktu di Balikpapan, punya temen kantor yg orang Semarang. Kalo pas mudik kita todong oleh2, pas balik ke Balikpapan Tahu Bakso produksi Ungaran salah satu tentengan oleh2nya. Baek bener deh temenku ini, dititipin apa aja mau...padahal jadi over baggage dia. Dari temenku ini aku ngenal tahu bakso...ga awam sih sebenernya, cuman versi dari Ungaran ini beda, rasa tahunya dan gurih baksonya enak banget.

Punya stok 2 bungkus tahu di kulkas, tiba2 kok jd keinget oleh2 temenku ini. Langsung aja minta tolong ayah pulang ngantor langsung ke buceri buat beli daging...pengennya sih langsung bisa makan tahu bakso sambil kletus cabe rawit, tapi apa boleh buat...kudu dipending karena harus ngolah sendiri...ya itung2 sambil belajar bikinlah. Sayangnya tahu di Pau ini hanya ada 1 jenis (syukur Alhamdulillah masih ada yg jual)... beda ma di Indo tiap daerah punya ciri khas tahu sendiri2. Ngebuatnya aga dikit ribet (maklum pemula!) tp worth to try...hasilnya juga not bad:).

Bakso yg udah digoreng hingga berkulit, dikeruk dalamnya dan diisi adonan bakso, siap dikukus.

Mari makaaannnn;)



Bahan:
1. 4 buah tahu ukuran besar, potong kotak besar
2. 2 siung bawang putih, haluskan
3. 1 sdt garam
4. Air
5. Minyak goreng

Bahan Bakso:
1. 1 buah fillet dada ayam
2. 300 gr daging sapi
3. 3 siung bawang putih
4. ½ sdt merica bubuk
5. 1.5 sdt garam
6. 2 sdt gula pasir
7. 100 gr tepung tapioka
8. 1 putih telur

Cara membuat:
1. Rendam selama 1 jam potongan tahu dalam air bercampur garam dan bawang putih halus. Angkat dan tiriskan. Goreng dalam minyak panas hingga berkulit.
2. Sayat bagian atas tahu (jangan sampai tembus bagian bawahnya ). Gunakan sendok kecil untuk mengeruk bagian dalam tahu hingga kopong. Sisihkan.
3. Adonan bakso: haluskan ayam, daging, bawang putih, merica, garam dan gula hingga halus benar. Kemudian tambahkan putih telur dan tapioka, uleni hingga rata.
4. Isikan adonan bakso ke dalam tahu kopong hingga penuh dan muncul sedikit di permukaan.
5. Kukus tahu selama 30 menit atau hingga baksonya matang. Angkat dan dinginkan.
6. Tahu Bakso bisa disantap langsung ditemani cabe rawit atau digoreng kembali sebentar saja (sesuai selera).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...