Jumat, 10 Desember 2010

"Bakwan" Courgette

Sebenernya ini masakan Prancis tapi ga ngerti namanya, taunya juga pas acara ngumpul bareng keluarga Indo disini menu makan malam di hotel yg aku pesen salah satu pelengkapnya adalah sejenis bakwan (Indonesia sekali:P) yg komposisi utamanya adalah courgette. Courgette (atau cukini kl di Indo) adalah sayur yg umum dikonsumsi orang sini, cuman aku sendiri juarang (saking jarangnya:P) beli karena ga ngerti diolah apa dan konsumen di rumah ga demen sayur ini. Iseng beli 2 buah courgette krn lg murah hehehe...udah gitu ngendon aja si sayur di kulkas ampe seminggu ga diperatiin. Tiba2 kepikiran tuk diolah jd 'bakwan' karena prosesnya mudah dan cepet.

Ada cerita lucu sewaktu kita santap menu ini buat lunch. Ayah dan Sahnon lahap banget makannya karena dikira ini telur dadar yg pake banyak daun bawang (maklum mereka pecinta telur emang!). Pas udah selese bunda ngomong ke ayah kalo ini terbuat dr courgette...si ayah takjub dan bingung tp abis itu bangga karena terbukti ayah ga susah makan sayur (bahkan request tuk dibuatin lg)....ya iya udah berubah bentuk jd gorengan gini...kl masih bentuk keliatan courgette apa msh doyan jg??hmmm...

courgette diserut pake serutan kentang/keju biar cepet

dari penampakannya emang mirip telur dadar ya:)

Bahan:
1. 2 buah courgette, serut kasar
2. 1 batang daun bawang, iris2
3. 2 butir telur, kocok lepas
4. 3 sdm terigu
5. 1 sdt garam
6. 1 sdt bawang putih bubuk
7. ½ sdt merica bubuk
8. Olive oil

Cara membuat:
1. Dalam wadah campur courgette serut dengan daun bawang, garam, bawang putih bubuk, dan merica bubuk. Aduk rata lalu taburi dengan terigu aduk rata kembali.
2. Tuangkan kocokan telur ke dalamnya dan aduk rata.
3. Tuang 2 sdm olive oil pada wajan datar/Teflon, gunakan api sedang. Tuang 1 sdm penuh adonan ke dalam wajan dan ratakan sehingga bentuk bundar tipis. Sekali menggoreng bisa 3-5 bakwan.
4. Masak hingga 1 sisi matang lalu balik (cukup sekali balik), hati2 gosong. Biarkan hingga coklat keemasan.
5. Angkat dan sajikan bersama saos sambal ato dicemil gitu aja juga enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...