Rabu, 01 Desember 2010

Onde-onde

Ini jajanan Indonesia kedua yg ayah 'pamerin' ke temen2 trainingnya, setelah sebelumnya sukses dengan lumpia sayur sekarang bunda buatin onde2 untuk veri manisnya. Bener2 baru pertama kali nyoba bikin onde2, sebelumnya suka tersepona ama temen2 disini yg bisa bikin onde2...takjub banget deh. Ngoprek2 resep di google ternyata bahan2nya mudah dijumpai disini. Malamnya bunda buat kumbu kacangnya dulu trus besok paginya buat adonan kulit dan nggorengnya.

Kalo ngeliat resepnya kayanya buat onde2 itu gampang, tp ternyata butuh trik2 khusus apalagi buat yg baru pertama kali nyoba bikin tanpa didampingi mentor seperti aku ini hehehe. Pertama soal kepekatan adonan, tambahkan sedikit saja air jika adonan terlalu kering sehingga sulit dibulatkan. Karena sifat tepung ketan yg cepet nyerep air, sebelum dilumuri wijen masukkan sebentar bulatan onde2 ke dalam air lalu gulingkan ke wijen. Yg terakhir tp ga kalah penting adalah jangan pernah menggoreng onde2 dlm minyak panas...bisa dipastikan onde2 langsung menggelembung dan pecah. Masukkan onde2 dalam minyak hangat lalu nyalakan kompor dengan pilihan api yg kecil, goyang2kan onde2 agar tetep bulat bentuknya. Kedengerannya ribet ya...hehehe namanya juga pemula...ntar kl dah kebiasa bakalan lebih cekatan lg ngebuatnya, yg penting jgn nyerah.

Waktu nyanguin ini buat temen2 ayah, aku sih ga ngarep banyak...selain ini jenis gorengan (yg konon org bule ga doyan), kayanya hal yg aneh juga buat bule...tp cuek aja deh...kl ga dimakan ya sudah ga papa. Tapi....Alhamdulillah habis loh ternyata. Kata ayah orang2 bule itu appreciate ama yg dibuat sendiri (homemade) selain juga penasaran ama kuliner Indonesia...hehehe jg bunda ga berani GR kl mereka beneran suka...yg penting ga mubazir kebuang aja deh;).



Bahan kulit:
1. 250 gr tepung ketan putih
2. 1 sdm tepung beras
3. 1 sdm gula pasir
4. 150 ml air hangat
5. 50 gr wijen

Bahan kumbu kacang:
1. 100 gr kacang ijo tanpa kulit, rendam 1 jam
2. 1 lembar daun pandan, ikat simpul
3. 80 gr gula pasir
4. ¼ sdt garam
5. ¼ sdt vanilla essence
6. 1.5 gelas air

Cara membuat:
1. Kumbu kacang: rebus kacang bersama daun pandan, gula, garam, dengan api kecil, sambil sering diaduk hingga kacang menjadi hancur sendiri. Jika air sudah habis namun kacang masih kerang tambahkan sedikit lagi air, setelah kacang hancur dan airnya habis (sat) beri vanilla essence, aduk rata. Angkat dan dinginkan.
2. Kulit: dalam wadah campur tepung ketan, tepung beras, gula sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yg dpt dibentuk. Hentikan pemberian air jika adonan sudah kalis, kebanyakan air akan menjadi sulit dibentuk.
3. Ambil 1 sdm adonan kulit, bentuk bulatan dengan 2 tangan. Lalu gepengkan adonan dan isi dengan 1 sdt kumbu, tutup rapat adonan dan buletkan kembali dengan 2 tangan. Lakukan hingga tuntas.
4. Celupkan sebentar bulatan2 onde ke dalam air dingin, lalu gulingkan ke wijen sambil ditekan2 dikit agar wijen melekat, lakukan hingga selesai.
5. Masukkan ondee2 ke dalam minyak dingin, nyalakan kompor dengan api sedang, biarkan hingga mengapung lalu tekan2 sedikit, angkat ketika sudah kuning keemasan.
6. Angkat dan tiriskan, siap disajikan.

2 komentar:

  1. satu resep ini jadinya brp biji mba?

    BalasHapus
  2. Hehehe...lupa ngitung euy tp lebih dr 15 (tp kurang dr 20) deh kayanya dan ukurannya jg gede.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...