Minggu, 27 Juni 2010

Bakwan Malang

Bisa makan bakwan malang di Pau??hmmm....berasa kaya ada di Indonesia aja:)...walopun harus dengan sedikit tenaga dan kemauan keras...tapi yesss....bisa nikmatin ini dan disukai keluarga bener2 harga yg pantas! am I narcist..? yes I am...but in good way:)
Sekarang dah lebih pede bikin bakso sendiri, mana pernah sih kebayang sebelumnya bikin bakso sendiri, wong kalo di Balikpapan tinggal manggil abang2 yg lewat ato pergi ke warung/rumah makan yg jualan bakso, mulai dari yg pake rumor borax, formalin sampe yg terkenal enak, terserah tinggal pilih. Tapi kalo disini lain ceritanya, selain ga ada abang2 yg lewat, bakso bukan makanan orang sini...jelas susah dapetinnya, kalopun ada di toko asia...ga yakin soal kehalalannya. 2 kali nyoba bikin waktu awal datang disini tapi ga berhasil, ada aja yg salah baik di bahan maupun teknik, tapi setelah konsul dengan Pak Dono (ada videonya di Youtube) aku jd lebih pede dan terbukti bakso nya berhasil!!...tapi 1 yg belum aku bisa, nyetak pake 1 tangan dan sendok itu....masih perlu belajar lagi sepertinya:)

Bahan:
1. 2 buah tahu, potong jd 2 bentuk segitiga, kerat (ambil isinya) tengahnya
2. 10 lembar kulit pangsit
3. 300 gr adonan bakso dr resep bakso tenis
4. Daun bawang, iris halus

Bahan kuah:
1. 1liter air
2. 3 siung bawang putih, geprek
3. Seruas jahe, geprek
4. Garam
5. Gula pasir
6. Merica bubuk
7. Sedikit minyak tuk numis
8. Tulang2an kalo ada

Cara membuat:
1. Setengah adonan bakso dibentuk bulat, rebus sampai mengambang/matang.
2. Isikan adonan bakso ke dalam tahu, kukus 20 menit atau sampai matang
3. Campurkan adonan bakso dan sisa keratin tahu, aduk rata dan masukkan ke dalam pangsit. Sebagian pangsit di kukus, sebagian digoreng langsung .

Cara membuat kuah:
1. Tumis bawang putih dan jahe sampai wangi. Tuangkan air, masukkan tulang2an (aku pake sayap ayam).
2. Masukkan bumbu2, cicipi rasanya. Masak sampai mendidih.

Cara penyajian:
Dlm mangkuk sajikan bakso bullet, tahu isi bakso dan pangsit kukus. Beri kuah, tambahkan pangsit goreng dan beri taburan daun bawang dan bawang goreng (lg ga punya hiks). Lengkapi dengan sambal dan kecap manis…hmmm sdaaap:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...