Jumat, 11 Juni 2010

Bistik Lidah

Sejak ikut suami kesini, otomatis banyak waktu yg bisa aku habiskan di depan komputer (selain di dapur:P). Dah jadi kebiasaanku kalo di depan komputer selalu browsing2 resep yg terkadang sangat membantu aku menciptakan makanan yg enak (maklum baru terjun di dunia perdapuran setelah sebelumnya terlena jd nyonya:P). Kapan itu pernah browsing2 ga jelas sampe masuk ke youtube ada video pembuatan bistik lidah (maaf...lupa siapa creatornya). Ga pernah kebayang sebelumnya aku makan lidah sapi, apalagi sampai masak sendiri!. Huaaa...membayangkannya saja aku dah merinding, tapi ternyata ada 1 teman disini yg perawakannya sangat feminin sekali dan telah mencoba resep ini....salut tuk dirimu jeng:)!...maklum kalo beli lidah kan masih utuh dengan lapisan kulitnya yg kasar dan keras itu...Akhirnya karena penasaran, kuberanikan juga masak lidah ini....dengan tetap takjub ama ukuran lidah sapi (ternyata gede bangetttt...ada kali 1.5 kg!).
Waktu aku sajikan ini sbg menu dinner, suami seneng banget dan ga ngeh kalo ini lidah (biasanya suami suka 'ilfil' kalo makan yg 'aneh2')....tapi ga tega ga jujur ma suami....akhirnya beberapa hari kemudian aku bilang ke suami kl waktu makan bistik itu bukan daging biasa tp lidah!...Bener deh dugaanku...suami langsung wanti2 ga masak yg aneh2 lagi...huuuuh.....gimana mo berkembang kemampuan memasakku:(


Bahan:

1. 1 buah lidah sapi
2. 3 siung bawang putih, geprek
3. 1 buah bawang Bombay
4. ½ sdt merica bubuk
5. ¼ sdt pala bubuk
6. 5 biji cengkeh
7. 1 sachet royco rasa sapi (optional)
8. Gula
9. Garam
10. Kecap manis
11. 700 ml Air
12. 1 sdm tepung maizena

Cara mengupas kulit lidah:

1. Cuci bersih lidah dan rebus bersama 1 buah bawang Bombay utuh. Jika menggunakan panci presto proses memasak kira-kira 40 menit, sedangkan jika merebus dengan panci biasa bisa sampai 1.5 jam.
2. Jika proses perebusan baik (sampai empuk), maka kulit lidah akan mudah dikupas dengan hanya menarik dr bagian pangkal sampai ke ujung lidah, sisa2 kulit bisa dikupas dengan pisau. Jika sulit ditarik maka mau tidak mau mengupas kulitnya dengan pisau (diiris tipis bagian kulitnya).

Cara membuat:

1. Potong lidah yg sudah bebas kulit ukuran 1.5 cm
2. Rebus air dan masukkan bawang putih yg digeprek
3. Masukkan potongan lidah, tambahkan bumbu-bumbu (kalo pake royco, komposisi garam dikurangi) gula, garam, merica, pala, cengkeh dan kecap.
4. Aduk-aduk dan lihat apakan kuahnya sudah cukup coklat, kalo masih bening tambahkan lagi kecap manis.
5. Masak dengan api kecil sampe lidah empuk dan air menyusut. Kalo air sudah menyusut tapi lidah masih keras tambahkan lagi air panas ke dalamnya (jgn lupa penambahan air harus diimbangi dengan penanbahan bumbu).
6. Jika kuah telah menyusut tambahkan larutan maizena, aduk2 cepat hingga kuah mengental dan mengkilat. Angkat dan sajikan.
7. Bisa dilengkapi dengan sayuran rebus, kentang goreng (sesuai selera aja deh:P)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...