Sabtu, 19 Juni 2010

Pempek

Walopun kita bukan orang Palembang, tp kl disodorin pempek sih ga pernah nolak...malah nyari!. Suami sih doyan banget makanan ini, sewaktu di Jogja ada pempek Raden yg terkenal itu...tp sayang krn harganya mahal (1 kapal selam harganya 7 ribu th 2000), jd bisa diitung pake jari 1 tangan deh kita makan pempek disitu...maklum anak kos hehehe.

Ini versi pempek pake bubur bawang...penasaran liat resepnya di blog2 dicobain aja deh, mumpung ikan filet disini selalu tersedia. Ternyata pempek yg versi ini lebih lembut (mungkin krn ada campuran terigunya) dan juga bawang putihnya terasa banget...ga kalah enak ama pempek versi ikan+tepung sagu itu. Kalo pempeknya dah jadi, dinginkan trs simpen deh di freezer, buat persiapan kl kangen pempek mendadak...haiyah...mang dasar doyan aja:)

Bahan:
1. 500 gr ikan filet (pake ikan berdaging putih), haluskan
2. 400 – 500 gr tepung sagu/tepung tapioca (perbandingan ikan: tepung ga lebih dr 1:1, biar ikannya berasa)
3. 1 sdm garam
4. 1 sdm gula pasir (ga perlu penyedap lainnya, gabungan garam+gula = gurih)
5. Air untuk merebus

Bahan bubur bawang:
1. Blender : 150 ml air + 3 siung bawang putih
2. 2 sdm tepung terigu

Bahan Cuko:
1. 10 buah cabe rawit merah (cabe sini pedes bgt)
2. 5 siung bawang putih
3. 2 sdm ebi, sangrai lalu haluskan
4. 1,5 L air
5. 200 gr gula merah
6. Garam
7. 2 sdm cuka

Cara membuat pempek:
1. Bubur bawang: rebus larutan bawang lalu masukkan tepung terigu, masak sampai meletup-letup dan menjadi bubur yg kental. Angkat dan dinginkan.
2. Campur ikan yg sudah dihaluskan dengan bubur bawang, garam dan gula pasir. Aduk rata, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yg bisa dibentuk.
3. Didihkan air, lalu kecilkan apinya.
4. Lumuri tangan dengan tepung, ambil adonan pempek dan bentuk sesuai selera (lonjong atau bulet). Masukkan ke dalam air rebusan, masak sampai mengapung. Angkat dan tiriskan.

Cara membuat cuko:
1. Haluskan bawang putih dan cabe.
2. Rebus bumbu halus bersama gula merah dan garam. Masak dengan api kecil sampai air menyusut. Masukkan ebi sangrai dan cuka. Masak sampai air sisa 1 liter, cicipi rasanya. Angkat dan dinginkan.
Car a penyajian:
Goreng pempek sampai kuning keemasan, potong2 lalu tuangkan saus cuko dan beri potongan timun.

2 komentar:

  1. Hebat biar kata di negeri orang masakan nya indonesia banget. btw bahan2nya dpt dari mana mbak ?

    BalasHapus
  2. hehehe...masalahnya lidah kami ini Indonesia banget, ga doyan masakan Prancis (hehehe...belum nemu yg enak kali ya:D). Bahan2nya lumayan ada disini, tinggal diakalin aja kalo ga lengkap semuanya:)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...