Kamis, 16 September 2010

Bitterballen

Harus aku akui menulis blog terutama resep emang ga mudah, sumpah deh lebih mudah langsung masak drpd nulis blog. Soalnya kalo masak tinggal cemplung ga pake takar menakar, tp kalo dah nulis gini kudu diinget apa aja bahannya, jumlahnya, caranya dan yg paling bikin senewen itu sesi pemotretannya...susah banget ambil angle yg bisa merepresentasikan (halah bahasaku!!) kenikmatan suatu masakan. Makanya ga heran kalo ada orang yg mencak2 resep dan fotonya di copas gitu aja tanpa permisi.

Termasuk bikin cemilan satu ini yg kalo disuruh buat aku tinggal masak cemplang cemplung pake takaran 'feeling' eh begitu duduk manis mo upload di blog kok malah jadi mikir ya...padahal sewaktu di Balikpapan lumayan sering bikin kue ini, soalnya bahannya gampang dan murah meriah, tepung 1/4 kg bisa jadi banyak. Terlebih suami doyan cemilan gurih beginian. Aku sih nyebutnya ini kroket palsu hehehe...karena ga pake kentang sama sekali. Kalo udah dibuletin bisa disimpan di freezer jadi tinggal dinikmatin kapan aja...eits tp tetep kudu digoreng dulu ya:)



Bahan:
1. 100 gr daging cincang (aku lebih suka pake ayam rebus yg dicincang)
2. 50 gr margarine/mentega (jangan diganti minyak goreng ya)
3. 1 siung bawang Bombay ukuran kecil dicincang halus
4. 200 gr tepung terigu (tergantung kepekatan adonan)
5. 250 ml susu cair
6. Keju mozzarella potong kotak kecil (optional)
7. 1 sdt Garam
8. 1 sdtGula pasir
9. ¼ sdt Merica bubuk
10. ¼ sdt Pala bubuk
11. 1 butir telur kocok lepas
12. 2 sdm terigu
13. Tepung panir/bread crumb

Cara membuat:
1. Panaskan mentega, tumis bawang Bombay dan daging ayam cincang sampai harum.
2. Tuang susu cair sambil diaduk masukkan garam, gula, merica dan pala.
3. Masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat (tepung menyerap cairan cepat) dan cicipi rasanya kalo adonan masih lembek atau belum kalis boleh ditambahkan sedikit terigu. Adonan yg bagus tidak lagi lengket di wajan dan kalis sepeti adonan perkedel (tidak terlalu keras juga)
4. Dinginkan sebentar sampai hangat kuku kemudian bentuk bola2 sebesar bola golf (atau sesuai selera). Boleh diisi dengan potongan mozzarella kalo suka. Ulangi sampai adonan habis.
5. Gulingkan bola2 ke tepung terigu, telur, kemudian tepung panir. Lakukan sampai selesai. Bola2 yg sudah dipanir bisa disimpan dlm freezer buat cemilan kapan aja, tinggal di defroze dan goreng.
6. Goreng bola2 dalam minyak banyak dan panas tp api sedang (adonan sebaiknya tenggelam dalam minyak agar matang merata) sampai kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Sengaja aku gulingkan ke tepung terigu dahulu sebelum ke telur agar tidak mudah pecah dan saat menggoreng busa (akibat telur) tdk banyak muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...