Selasa, 21 September 2010

Keripik Bayam

Ga pernah membayangkan sebelumnya ada daun bayam selebar telapak tangan orang dewasa...yup....aku nemu disini...Disini bayam dijual sudah rapi bersih alias hanya bagian daunnya saja, ada jenis bayam muda (daunnya kecil2) ada juga bayam 'gajah'...ga tau knp bisa gede gitu...apa krn hawa Eropa kali ya makanya bongsor (hahaha...pdhal org Prancis badannya segede lidi). Ngeliat bayam ukuran gede gini aku jd kepikiran bakalan enak nih kl dibuat kripik...gede2 kriuk2nya pun puas.
Berharap Sahnon bakalan suka, soalnya kan dia doyan banget ma kerupuk, jd kl diganti keripik bayam mudahan suka...eh tapiiii...ternyata dia ga doyan bukan karena rasanya tp dia bilang ga mau kerupuk yg ijo maunya yg putih...masa kol yg mo tak bikin keripik...hmmm. Bikin keripik ini sebenernya mudah, bahan2nya sederhana, cumannn...aku blm nemu cara yg tepat biar ga terlalu banyak nyerep minyak. Jadi tuk sementara aku akalin keripik digoreng sampai lapisan tepungnya kriuk, setelah itu aku oven. Dengan demikian keripik lebih renyah dan juga minyak yg terkandung keluar dengan lancarnya (waktu dioven aku taruh di atas rak kawat bagian bawahnya dikasih loyang tuk nampung minyaknya). Sounds to complicated? no...it just that easy!

daun bayam yg seger banget dan gede2

Bahan:
1. 20 lembar daun bayam (ukuran besar)
2. 200 gr tepung beras (siapin lebih deh kl keenceran)
3. 1 sdm tepung kanji
4. 300 ml air (siapin lebih kl kekentalan)
5. 3 lembar daun jeruk purut, iris halus (boleh ga pake kl ga suka)
6. Minyak goreng

Bumbu halus:
1. 3 siung bawang putih
2. 1 cm kencur (optional, kebetulan punya soalnya)
3. ½ sdt ketumbar
4. 3 biji kemiri

Cara membuat:
1. Campur bumbu halus, tepung beras, tepung kanji dan air. Aduk sampai menjadi adonan yg kental (tidak seencer adonan peyek juga tidak sekentel adonan bakwan).
2. Panaskan minyak banyak, celupkan daun bayam ke dalam adonan tepung dan goreng dengna api sedang. Sebaiknya menggorengnya tunggu 1 daun agak kering ya biar ga saling nempel.
3. Kalo aku--> biar minyaknya ga terlalu banyak aku goreng ampe tepungnya kering (tp blm kuning kecoklatan) angkat lalu tiriskan dan lanjut oven 10 menit suhu 160 deg biar lebih kriuk dan juga kandungan minyaknya keluar (jd mudah2an lebih sehat!).
4. Dinginkan , simpan dlm toples.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...