Rabu, 29 September 2010

Kekian (Kee Kian)

Baru ngeh ada jenis makanan ini sewaktu di Jogja, beli capcay di restoran Cina (haiyah...gaya bener...biasanya jg cuma bisa kaki 5 qiqiqi.....tak mengapalah sekali2...menikmati hasil beasiswa). Di bakul si chef ada tumpukkan gorengan seperti bakwan dan dipake buat campuran capcay dan mie goreng....pikirku apa enak bakwan dicampur capcay...ah mo ku protes aja si chef...biar pesenanku ga usah pake 'bakwan'...eh ternyata si chef bilang kalo itu kekian.."ini kekian mbak, terbuat dari udang, enak deh pasti ketagihan" sambil senyum2 puas udh meng-KO aku dan yakin pula kalo aku bakalan ketagihan. Ketagihan ma capcay yg pake kekian sih mungkin ajah tp ketagihan makan disitu ngga lah yah...bisa jebol kantong sempitku...1 porsi 18 ribu je!!...mana sanggup mahasiswa sepertiku sekali makan habis segitu (itu kan jatah makan tuk 2 hari...hikss). Dan ternyata....si kekian itu emang enak...gurih! padahal ku yakin si chef itu buatnya cuman ala kadarnya...ga bnyk pake udang maksudnya.

Kekian yg kubuat sekarang ini adalah cara praktis, setelah semuanya dihaluskan langsung dibentuk bulet dengan bantuan 2 sendok dan langsung di goreng (bukan melalui proses dikukus dl). Hasilnya bisa jadi cemilan sambil dicocol ke saus sambal atau bisa juga jd campuran capcay dan mie goreng. Gampang deh buatnya...yuukk.


Bahan:
1. 300 gr Udang, bersihkan
2. ½ sdt bawang putih bubuk (atau 2 siung bawang putih seger)
3. 1 butir telur
4. 1 sdm daun bawang cincang
5. 6 sdm tepung tapioca/sagu
6. 2 sdm tepung terigu
7. Garam
8. Gula
9. Merica bubuk
10. Air sedikit
11. Minyak goreng

Cara membuat:
1. Haluskan udang bersama bawang putih, gula, garam, merica.
2. Dalam baskom campur udang halus, telur, tepung terigu, tepung tapioca dan daun bawang. Adonan pekat/kental seperti adonan bakso. Tambahkan sedikit air jika adonan terlalu kering.
3. Buletkan adonan dengan 2 sendok dan goreng dalam minyak banyak.
4. Angkat ketika sudah mengapung dan berwarna kuning kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...