Sabtu, 18 September 2010

Roti Sobek

Sabtu pagi malas2an aja di rumah, soalnya ayah lg training ke luar...cuaca di luar juga mendung banget, mau sarapan bingung makan apa. Daripada bengong ngajak Sahnon bikin roti aja deh, biar dia bisa ikut ngulenin...hehehe jarang2 aku ijinkan dia ngacak2 dapur dan bumbu2...tp hari ini kubebaskan dia berkreasi dan seperti yg kuduga...tepung tumpahan di lantai...coklat meises berhamburan di meja..olala...tak apa nak stok sabar bunda masih banyak:)
Ini pertama kalinya aku buat roti pake timbangan digital (wedew....pamer dikit ah...abis dah lama pengen punya timbangan digital ga kesampaian...pas ada yg murmer cuma 10 Euro langsung deh aku beli dengan riang gembira) jadi bisa akurat nimbangnya. Karena ga punya mixer roti atau bread maker jadilah aku ngulenin adonan berlama2 sambil 'dibantu' Sahnon, hasilnya roti empuk banget...seneng deh! Aku isi pake parutan keju edam (lebih enak cheddar Kraft kayanya) dan meises (sebelum kadaluarsa akhir tahun ini hihihi).

ini penampakan roti yg belum dipanggang...malah udah mekar duluan aja dia:)

kebetulan punya cetakan bentuk bunga...hasilnya cantik juga si roti sobek..menul2 menggemaskan


langsung aja aku dan Sahnon sarapan roti ini sambil update blog:)

Sayang fotonya kurang tajam...abis kamera yg biasa aku pake lagi dibawa ayah field trip...jadinya pake kamera pocket punya Sahnon ajalah...yg penting sempet dijepret:)

Bahan:
1. 250 gr tepung terigu protein tinggi (disini type 55)
2. 1 butir telur
3. 10 gr mentega
4. 100 ml air (aku pake susu cair)
5. 1 sdm gula pasir halus (kurang lebih 10 gr)
6. ¼ sdt garam (ga pake…kelupaan)
7. 50 gr fermipan (yoi…stok dr Indo)
8. Keju parut dan meises buat isian
9. 1 kuning telur buat olesan

Cara membuat:
1. Campur dalam wadah: tepung, gula, fermipan dan telur…aduk pake garpu dulu.
2. Tambahkan susu cair, aduk rata terakhir masukkan mentega.
3. Uleni sampai kalis
4. Simpan dlm wdah yg ditutup plastic wrap selama 30 menit. Berhubung lg dingin banget aku simpan adonan dlm magkuk td di dalam ember berisi air hangat (air kran) biar lebih mudah ngembang gitu…soalnya lg mendung dingin gini.
5. Setelah adonan mengembang, kempeskan dan timbang sesuai cetakan yg tersedia…tadi aku buat ukuran 40 gr tiap bulatan (krn ada 12 slot cetakannya)
6. Isi tiap buletan adonan dengan keju atau coklat. Susun buletan dlm loyang yg sudah dioles mentega. Olesi permukaannya dengan kuning telur dan hiasi dengan parutan keju atau coklat sbg penanda isiannya.
7. Oven selama 20 menit dengan suhu 180®C atau sampai kuning kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...