Sabtu, 18 September 2010

Chinese Chicken Satay

Ga bermaksud rasis dan juga sok tau apakah di Cina ada sate model gini hihihi. Gara2nya kebiasaanku suka blog walking resep dan nontonin youtube jadinya nemu org cina (atau apa ya...mirip cina sih) yg bikin sate model gini...ya ga ada salahnya kan aku praktekkin...soal nama itu sih terserah anda saja...yg penting maksud dan penampakannya begini hehehe. Dan senengnya akhirnya aku nemu tusuk sate model begini...setelah berkelana mencarinya (haiyah...lebaydotcom). Ama yg jual udh di taruh di rak belakang, udh ga datengin lagi katanya...ahh...langsung aja aku ambil 2 bungkus yg tersisa. soalnya nih murni bambu dan cantik bentuknya...kapan2 kl mau buat sate lilit pake tusuk ini aja deh biar cantik gitu penampilannya...kan makan jd tambah selera...hehehe...emang ada hubungannya??ahhh suka2ku aja ngarang:)

Bikin sate ini gampang...cuman butuh waktu jd ga bisa langsung dimakan. Bumbunya ga rumit tinggal cemplung, rendam ayam bersama bumbu semalaman di kulkas, tusukkin ke tusukan sate trus panggang deh...lagi2 aku cuman bisa mengandalkan grill pan ku yg udh mule protes (lapisannya mulai terkelupas...deuuhh...sabar ya grill pan...ku belum nemu (baca:mampu) penggantimu).


Bahan:
1. 3 buah fillet dada ayam, potong memanjang selebar 1.5-2 cm ( 1 fillet dada bisa jd 4-5 potong)
2. 12-15 tusuk sate
3. Minyak untuk mengoles (atau margarine cair)

Bumbu perendam, aduk rata:
1. 2 sdm light soy sauce (krn ga punya aku ganti kecap asin ABC…yoi stok dr Indo)
2. 1 sdm madu (aku ganti gula pasir…wong ga punya)
3. 1 sdm saus tiram
4. 2 siung bawang putih, parut pake parutan keju
5. 1 cm jahe, parut pake parutan keju

Cara membuat:
1. Rendam potongan dada ayam dalam bumbu, simpan dlm wadah yg ditutup (aku pake plastic wrap) semalaman di kulkas
2. Tusukkan potongan ayam ke tusuk sate dan siap dipanggang sambil diolesi sedikit minyak
3. Panggang sampai kecoklatan dan matang merata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...