Kamis, 16 September 2010

Cumi Masak Hitam

Duluuuuuu banget waktu masih ngumpul ma ibu pernah dimasakkin cumi begini, dulu karena masih kecil ngeliatnya kok jorok banget sih warnanya hitam legam walaupun rasanya enak. Sekarang mo coba dipraktekkin bikin sendiri dan dah wanti2 ke suami supaya mau makan (hehehe...ngancamdotcom), soalnya suami seneng cumi cuman ga pernah makan versi warna hitam begini. Sayangnya cumi disini ukurannya gede-gede (1kg isi 5-6 ekor) dan tintanya ga sebanyak cumi di Indonesia...apa krn laut di Indonesia dah tercemar ya??wedew...sebenernya yg sehat itu yg mana...yg banyak tintanya atau yg sedikit? ah tak apalah jarang juga makan cumi soalnya hehehe...high colesterol soalnya (ngelesdotcom).


Bahan:
1. 500 gr Cumi-cumi
2. 2 siung bawang putih, iris tipis
3. 3 siung bawang merah, iris tipis
4. 3 buah cabe merah keriting, iris tipis
5. 2 buah cabe hijau, iris tipis
6. Jahe, geprek
7. Garam
8. Gula pasir
9. Daun salam
10. 1 sdm Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Bersihkan cumi-cumi dan potong2 tapi jangan dibuang tintanya (kalo cuminya kecil2 ga usah dipotong, setelah dibersihkan masukkan kepala cumi ke dalam badan dan sematkan tusuk gigi tuk mengunci).
2. Panaskan minyak dan tumis bawang merah, bawang putih, jahe, daun salam sampe harum. Tambahkan irisan cabe dan potongan cumi. Aduk rata dan biarkan air yg keluar dari cumi berkurang, cumi disini banyak mengandung air, kalo ditunggu sampe sat bisa2 si cumi habis menciut dan jadi alot. Tambahkan garam dan gula, cicipi rasanya, kalo udah pas angkat dan sajikan panas2 ditemenin nasi ngepul2.

1 komentar:

  1. Salam kenal Kak,

    tadi cari-cari di google ketemu juga akhirnya resep cumi masak hitam yang tidak terlalu pekat. Mau praktek dulu, terima kasih postingannya ya Kak...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...