Sabtu, 18 September 2010

Ikan Suwir Pedas

Pas lagi belanja ke Auchan ga sengaja nemu ikan yg mirip tongkol, Bonite namanya disini...ah tak taulah aku apa nama prancis tuk tongkol, tp aku bisa pastika kalo itu tongkol...wong bentuknya mirip plek ama tongkol di Indonesia. Sayangnya ukurannya pada gede2, yg paling kecil aja hampir 2 kg. Harganya juga ga terlalu mahal 10 Euro/kg...eits jangan salah...harga ikan emang mahal disini...lebih murah daging apalagi ayam!

Sampe rumah aku potongan ikan tongkol aku bagi jadi 3 bagian, maklum konsumennya ga banyak jd kalo masak sedikit2 aja. 1 bagian rencananya aku bikin balado, 1 bagian lagi entah mo dimasak apa ntar (pengennya sih asem2 tongkol...wedew...dah ngences aja duluan) dan 1 bagian aku bikin suwir pedes ini...ya bayangin aja sbg pengganti cakalang...hahaha. Suami kan emang malas kl makan ikan pake ribet, maunya disendok siap masuk mulut, ga mau beradu ma tulang ato duri ikan...huuuhhh ga seru! Padahal makan ikan pake duri/tulang itu kan ada seninya...kok jd ngebayangin makan gule kepala kakap malahan yaa...slurrrppp. Ahh...daripada menghayal yg tidak2 lebih baik aku syukuri yg ada saja.


Bahan:
1. 3 potong tongkol bubuhi garam dan air jeruk nipis, goreng tidak perlu sampe kering
2. Minyak goreng
3. Garam
4. Gula pasir

Bumbu halus:
1. 5 buah cabe keriting
2. 3 siung bawang putih
3. 2 siung bawang merah

Cara membuat:
1. Suwir2 kasar tongkol yg sudah digoreng.
2. Panaskan sedikit minyak bekas menggoreng ikan, tumis bumbu halus sampai wangi.
3. Masukkan suwiran tongkol, aduk rata. Tambahkan garam dan gula, cicipi rasanya. Masak sampai bumbu meresap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...