Jumat, 12 November 2010

Arem-arem (Lontong Isi)

Niatnya mo ngabisin daun pisang yg kayanya udah sebulan lebih nongkrong di kulkas, bagusnya nih daun kaga layu2 loh...apa pake pengawet ya hehehe. Tapi tetep aja walo judulnya mo ngabisin daun aku makenya ga mo boros2, kalo mbungkus cukup 1 kali gulung (1 lembar) dan dari ujung ke ujung biar ga banyak yg kebuang...sayang euy kalo inget harganya hahahaha.

Ceritanya mo bikin arem2 buat sangu suami ke kantor hari Jumat....soalnya suami kudu curi2 waktu buat Jumatan ke mesjid jd ga punya waktu buat makan yg bener...makanya minta disanguin yg agak berat biar perut ga keroncongan selama kerja. Nah karena aku ga mau buang banyak daun alhasil arem2ku ukurannya giant jadi kaya lontong....makan 1 kenyang deh:). Isiannya aku sesuaikan ama persediaan di kulkas aja pake wortel ma daging cincang...ada sih kentang...cuman kan dah karbohidrat masa mo ditambah kentang lagi (sok sehat banget waktu itu:P!). Aku paling ga demen kalo makan arem2 dapat 'kejutan' di tengah2 asyik makan...alis kecetus lombok yg biasanya nyisip di tengah2. Aku sih doyan banget ma pedes tp ga doyan kl ngeletus lombok ga pake pengumuman dulu hihihihi. Biar ga kaget di tengah jalan isiannya sengaja aku kasih irisan cabe...biar pedesnya merata, eh tp aku juga udah nyisihin yg ga pedes buat Sahnon. Bisa meraung2 dia kl kena cabe:). Aku belum jago nih soal membungkusnya...apa karena cuman 1 kali gulung kali ya...jd kurang bisa bunder sempurna gitu bentuknya hehehe. Kalo liat kebanyakan resep nasinya di aron dulu...deuh males ah nongkrong depan kompor, jadi nasinya aku masak pake rice cooker aja tp dibikin lembek, trus pas udah bunyi klik alias mateng segera aku aduk biar santannya merata...banyak jalan menuju Roma kan:)?

Bahan:
1. 4 mug beras (mug bawaan rice cooker), cuci bersih
2. 1 batang sereh, geprek
3. 2 lembar daun salam
4. 150 ml santan Kara
5. Air (dikira2 aja sampai batas permukaan beras dengan air 1.5 ruas jari telunjuk)
6. Garam
7. Daun pisang untuk membungkus (aluminium foil kl terpaksa)

Bahan isian:
1. 1 buah wortel ukuran besar, potong kotak2 kecil
2. 150 gr daging cincang
3. 2 siung bawang putih, cincang halus
4. 3 siung bawang merah, iris halus
5. 3 buah cabe, iris halus
6. Garam
7. Gula pasir
8. Minyak untuk menumis
9. 50 ml air

Cara membuat:
1. Masak dalam rice cooker beras yg sudah dicuci bersih bersama santan, air, sereh, daun salam dan garam, aduk rata dulu sebelum ditutup. Pencet tombol cook, pas udah bunyi klik tanda matang, segera aduk agar endapan santan merata.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu dan wangi. Masukkan daging cincang, masak sampai daging berubah warna. Tambahkan wortel, garam dan gula, aduk rata kembali. Tambahkan sedikit air jika terlalu kering, masak sampai agak layu, cicipi rasanya lalu ambil sebagian buat yg ga suka pedes…lalu masukkan irisan cabe buat yg suka pedes. Segera matikan kompor
3. Siapkan daun pisang, potong2 sesuai ukuran yg diinginkan (dlm praktekku aku potong daun setiap 20-25 cm). Lemaskan daun, biar cepet aku layukan di atas kukusan ato boleh juga dijemur kl ada matahari terik.
4. Tuangkan nasi aron di atas daun, ratakan. Beri isian sepanjangnya kemudian tuangkan lagi nasi di atasnya. Gulung daun seperti membuat lontong dan semat ujung2nya (steples aja biar gampang hehehe).
5. Kukus selama 20-25 menit, arem2 siap dihidangkan:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...