Kamis, 11 November 2010

Bola-bola Ayam

Sebenernya ga tau mo ngasih nama apa makanan ini...penggolongannya juga bingung...apakah cemilan ato lauk hehehe. Pernah liat resep aslinya di youtube tp beneran lupa deh link nya, saking keseringan nengokin dapur orang sih:). Kata si chef sih ini produk recycle...waduhh ternyata makanan juga ada yg hasil daur ulang?? Eitss tunggu dulu...ini semuanya aman dimakan kok hehehe. Si chef pake turkey sisa BBQ yg ga abis...ternyata kita sepaham...kaga boleh buang makanan...mubazir!! Kasian kalo inget orang yg susah cari makan, jadi kalo masak jangan berlebih dan kalo ada sisa...dihabiskan!! hehehe.

Kalo aku sendiri pas bikin ini sebenernya bukan recycle karena pake ayam rebus yg distok mo dibuat soto keesokan harinya, tp kok tiba2 keingat makanan ini...jadi tak colong 2 potong ayam rebusnya. Tapi pake sisa ayam goreng kayanya juga bisa deh. Bumbu2nya guampang banget, cara buatnya juga guampang dan Insya Allah disuka tua dan muda. Si Ayah bilang "bund, sangunin ini yah buat bekal jumatan besok" hahaha...padahal istrinya dah mo nyiapin bekal yg lain...tp nurutin kata pelanggan aja deh biar laris warungnya:). Waktu bikin ini ga pake nakar2...semuanya asal cemplung krn dah keburu laper Sahnon dan ayah.


Bahan:
1. 2 potong ayam yg udah direbus ato digoreng (aku pake paha atas dan paha bawah)
2. ½ siung bawang Bombay, cincang halus
3. 1 butir telur
4. 2 sdm terigu
5. 2 sdm susu cair
6. Garam
7. Gula
8. Merica
9. Pala (kalo suka)
10. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Ambil daging dr ayam rebus/goreng. Cincang halus ato masukin ke FP sebentar aja.
2. Dalam mangkuk campur cincangan ayam dengan telur, garam, gula, merica dan bawang Bombay. Aduk rata pake garpu aja. Lalu tambahkan susu cair dan tepung, aduk kembali.
3. Panaskan minyak banyak (yg kira2 cukup untuk buat bakso tenggelam) dengan api sedang.
4. Dengan bantuan 2 sendok makan buat bulatan2 bakso lalu masukkan ke dalam minyak.
5. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan lebih lezat dicocolin ke saos sambal botolan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...