Jumat, 05 November 2010

Siomay

Lanjutan dr project weekend kemaren, sengaja bikin siomay krn mo ngundang temen yg datang dari Paris. Sebenernya temen dah seminggu lebih ada di Pau, cuman aku belum brani ngundang krn takut ketularan cacar dr Sahnon, ternyata mereka sekeluarga udah pernah cacar jd Insya Allah ga ketularan lagi ya teh:). Siomay ini sih pengennya kaya yg di Bandung gitu, tp aku bahan dan cara mengolah aku sesuaikan keadaan aja deh hehehe...secara ga pernah ngeliat langsung gimana orang bandung bikin siomay. Biar komplit aku pakein pare isi juga, cuman sayang parenya bukan yg seger melainkan yg udah dibekuin...itupun tinggal 1 bungkus...ah rezeki ini namanya. Ya gitu deh seninya tinggal di LN, kalo di Indo semuanya bisa didapetin yg seger2/fresh kl disini ya harus rela pake yg kalengan ato yg beku...disyukuri sajah. Tadinya mo pake kol isi juga, tp kok kol sini keras banget yah dan mudah patah, mo diganti pake sawi cina tp kok teksturnya beda ya...ah ga usah aja deh kl ga yakin, pake yg yakin2 aja:).

Udah banyak resep siomay berseliweran di om google (saking familiarnya nih makanan), ada yg pake parutan labu siam dalam adonannya supaya lebih lembut, ada juga yg dicampur telur. Hehehe...emang cara memasak tiap orang itu beda2 ya...I have to appreciate them. Resepku ini simple banget dan menurutku hasilnya lumayan...krn walopun udah dingin ga keras dan wangi ikannya berasa.


Bahan:
1. 500 gr ikan fillet (aku pake ikan Cabilaud…yg penting ikan warna putih deh)
2. 2 buah dada ayam
3. 400 gr tepung tapioca
4. 1 batang daun bawang, iris halus
5. 3 siung bawang putih (ato 3 sdt bawang putih bubuk)
6. 1 sdt merica bubuk
7. 1 sdm garam
8. 2 sdt gula pasir
9. 400 ml air
10. 1 pak kulit pangsit (ukuran 10 x 10 cm)
11. 2 buah pare, potong tiap 5 cm, buang isinya
12. 3 buah kentang, rebus, belah jd 2
13. 3 buah tahu, masing2 potong diagonal

Cara membuat:
1. Haluskan ikan bersama ayam, gunakan food processor agar cepat.
2. Tambahkan ke dlm FP bawang putih, garam, gula, merica dan air. Giling kembali hingga halus merata.
3. Keluarkan adonan dr FP tempatkan dalam baskom, tambahkan irisan daun bawang, aduk rata.
4. Masukkan tepung tapioca, aduk kembali (kalo punya FP keren bisa sekalian masukin tepung pas ngegiling). Adonan sebaiknya tidak terlalu encer (seperti bakwan goreng) tp juga tidak terlalu kalis seperti adonan pempek. Gunakan feeling dan cicipi rasanya.
5. Cara pengisian:
- Pangsit: bersihkan tepung yg menempel pada kulit pangsit, bisa menggunakan kuas ato dikerik pelan2 dengan pisau, kenapa lakukan ini? Biar tampilan siomay cantik ga clemotan kaya bayi pake bedak:). Isikan 2 sdt adonan ke dalam kulit pangsit lalu bentuk seperti bunga. Aku menggunakan cetakan kue talam ukuran mini untuk membentuk siomay.
- Tahu: tahu yg sudah dipotong diagonal, kerik sedikit bagian tengahnya (jangan dibuang tahu yg dikerik ini). Isikan adonan ke tengah tahu, kemudian tekan2 sedikit dengan garpu agar terbentuk alur2 sbg hiasan.
- Pare: Bersihkan bagian tengah pare. Tutup salah satu lubang dengan kertas roti sbg alas, kemudian isikan adonan ke dalam pare sampai penuh.
- Kentang: kentang yg sudah direbus, potong jd 2. Kerik sedikit bagian tengahnya dengan sendok teh, lalu isikan adonan hingga munjung. Sisa kerikan kentang jangan dibuang, nanti buat campuran sambal kacang
- Ketika adonan masih tersisa, sementara pare, tahu dan kentang sudah selesai dikerjakan, campurkan sisa adonan dengan kerikan tahu. Aduk hingga rata. Isikan ke dalam kulit pangsit, bentuk seperti membentuk pangsit di atas
6. Kukus semuanya selama 30 menit ato lakukan tes tusuk untuk mengecek kematangannya.
7. Angkat dan dinginkan lalu simpan dlm wadah di kulkas. Ketika akan disajikan kukus kembali sejenak agar lebih hangat ketika disantap.

Bahan saus kacang:
1. 250 gr kacang goreng
2. 1 buah kentang rebus, haluskan
3. 800 ml air
4. 2 siung bawang putih, iris2 lalu goreng
5. 3 buah cabe keriting
6. 3 lembar daun jeruk
7. 1 sdm air asam
8. 2 sdm kecap manis
9. 3 sdm gula merah
10. Garam

Cara membuat:
1. Masak air dalam panci hingga mendidih, sembari itu siapkan yg lain.
2. Haluskan sebagian kacang dengan blender tidak lebih dr 5 detik, biar masih agak kasar.
3. Haluskan sebagian lagi kacang bersama cabe, bawang putih goreng dan 1 lembar daun jeruk. Blender sampai bener2 halus.
4. Masukkan hasil blenderan kacang ke dalam air, tambahkan daun jeruk, gula merah dan garam. Aduk terus biar tidak ada yg menggerindil. Tambahkan kentang halus (sekalian kentang sisa kerikan), aduk lagi biar bener2 menyatu semua bahannya.
5. Tambahkan kecap, aduk rata dan cicipi rasanya.
6. Masak hingga matang (tandanya saus meletp2). Angkat dan siap disajikan bersama siomay kukus.

Siap disantap...suami senangnya ditambah irisan timun;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...