Selasa, 23 November 2010

Soto Mie

Ini hasil olahan minggu lalu karena meteo ujan mulu jadi rasanya dingin dimana2. Ngebayangin kl di Balikpapan bisa makan bakso hangat depan komplek rumah pas hujan, kebanyakan ngimpi jd bangkit deh jiwa memasak, walo kata kedinginan. Bikin ini juga ga direncanain, awalnya punya kulit risoles berlebih (2 hari yg lalu bikin risoles tuk sangu ayah ngantor hari Jumat) pikir2 kl dibuang sayang kl bikin risoles lagi udah blenger...trus keinget kalo risoles asal2an bisa jadi temen makan soto mie yg lezat. Udah deh akhirnya ngoprek2 bahan masakan yg ada dan cocok dibuat soto mie. Jadilah sabtu sore itu kita menyantap soto mie hangat2...sluurrrpp.


Bahan:
1. Mie kering, rebus lalu tiriskan
2. Kentang, potong2 kotak lalu goreng
3. Kol, iris2 halus, rebus sebentar lalu tiriskan
4. Tomat, potong2 sedang
5. Seledri, iris2 halus
6. Risoles/lumpia (isinya sesuai selera dan ketersediaan aja ya), goreng lalu potong2

Bahan kuah daging:
1. Tulang iga
2. 250 gr daging sandung lamur/daging iga
3. 1 batang sereh, geprek
4. 2 lembar daun salam
5. 4 lembar daun jeruk
6. 1.5 L air
7. 1 sdt kecap manis
8. 1 sdt kecap ikan/kecap asin
9. Garam
10. Gula pasir
11. Haluskan: 4 siung bawang putih, 6 siung bawang merah, 3 buah cabe merah, 1 ruas jahe, ¼ sdt kunyit bubuk, 1/4 sdt ketumbar, 1 butir kemiri
12. 2 batang daun bawang, iris agak tebal
13. Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Rebus tulang iga dan daging dengan api sedang hingga keluar kaldunya.
2. Sembari itu tumis bumbu halus, tambahkan sereh, daun salam dan daun jeruk. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging.
3. Tambahkan kecap ikan, kecap manis, garam dan gula pasir. Masak hingga daging menjadi empuk. Cicipi rasanya kalo sudah pas matikan apinya dan masukkan irisan daun bawang.
4. Cara penyajian: dalam mangkuk susun mie, kentang goreng, kol rebus, potongan tomat, potongan risoles/lumpia. Siram dengan kuah berdaging. Beri taburan seledri dan bawang goreng. Santap selagi hangat.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...