Sabtu, 20 November 2010

Sop Konro (tanpa tulang)

Idhul Adha kemaren akhirnya aku masak sop konro dan buras tanpa direncanakan. Sebenernya ga ada perayaan spesial karena ayah juga ga libur, terus abis sholat Ied ada undangan buat ibu2 muslimah di rumah temen yg rajin dan jago masak...komplit deh jadi males nyiapin masakan. Pas udah sore baru deh mulai bingung nyiapin apa buat dinner...seperti biasanya:). Terus liat isi kulkas ada daging iga...pikir2 enaknya diapain ya....muncul deh ide bikin sop konro. Sumpah sebelumnya ga pernah makan apalagi masak sop konro, padahal di Balikpapan lumayan bnyk yg jual.
Ada cerita lucu di balik ide membuat sop ini, sop konro adalah sop yg mirip dengan rawon menggunakan daging iga/rusuk yg masih ada tulangnya. Naahh...aku tuh jatuh cinta ama daging jenis daging parisien/tendron (sandung lamur kl di Indo) yg maknyuss kalo dibuat olahan berkuah. Pas minggu pagi ke boucherie halal nanya punya daging ini apa ngga...si bucher ngejawab panjang banget dan aku artiin bebas aja karena cuman beberapa kosakata dr kalimat panjang itu yg aku ngerti. Karena si bucher baru buka jd belum siap dengan daging parisien tp kl aku mau nunggu akan dibuatin ma dia...oohh okelah tak mengapa demi daging iga tanpa tulang ku rela menunggu. Maklum, sebenernya jenis daging ini adalah sampingan alias ga bnyk peminat maka harganya pun murah. Karena disuruh nunggu akhirnya aku bisa liat sendiri gimana proses pembuatan daging parisien...dari bagian punggung/rusuk sapi muda yg masih lengkap, disayat tipis dagingnya hingga tulang rusuknya bisa dilepas satu per satu hingga didapatkan lembaran daging yg lebar, kemudian digulung dan diiris per 3-4 cm. Mungkin karena ditungguin jadinya si tukang daging kerjanya keburu2 hingga menyisakan banyak tulang muda (iga berwarna putih) dlm gulungan dagingnya. Pucuk dicinta ulam pun tiba kl kata pepatah....aku seneeennngg banget ama tulang muda gini, padahal aku ga ngerti cara ngomongnya kl request daging yg bertulang muda gini...Alhamdulillah tanpa repot mengolah kata dapat juga tulang rawan:). Loh kok jd kepanjangan ceritanya...hahaha. Karena aku bukan orang Makassar dan ga pernah makan konro jadinya mulai deh nanya ma om google berkali2, tp kok resepnya pada plek sama semua seperti copy paste. Akhirnya aku simpulkan kl sop konro itu perpaduan antara rawon dan coto makassar (buat orang asli Makassar...maaf ya kl resepku salah, mohon direvisi). Kebetulan punya kluwek 3 biji hasil sangu setahun yg lalu...syukur 2 masih bagus (layak konsumsi) yg 1 lagi kudu dibuang krn dah apek.

Daging iga sapi muda yg ada tulang rawannya

Bahan:
1. 1 kg daging iga, potong2 sesuai selera
2. 1 batang sereh, geprek
3. 2 lembar daun salam
4. 1 ruas lengkuas, geprek
5. 4 cm (2 ruas jari) kayu manis
6. 4 butir cengkeh
7. Garam
8. Gula pasir
9. 2 L air
10. 3 batang daun bawang, iris halus sbg taburan
11. 1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
1. 2 buah kluwek, pecahkan ambil dagingnya
2. 5 siung bawang merah
3. 3 siung bawang putih
4. ½ sdt pala bubuk
5. 1 sdt merica bubuk
6. 2 sdm kacang merah, rebus hingga lunak (aku ganti kacang tanah…ga punya kacang merah soalnya hehehe)

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan sereh, lengkuas, daun salam , cengkeh dan kayu manis.
2. Masukkan potongan daging, aduk rata lalu tambahkan air. Beri garam dan gula.
3. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan daging jd empuk. Cicipi rasanya.
4. Sajikan bersama ketupat ato buras. Taburi irisan daun bawang dan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...