Kamis, 11 November 2010

Kalio Limpa Sapi

Ada 2 toko daging halal yg biasa aku samperin, salah satunya jualannya lumayan lengkap...tp aku jarang banget belanja disitu abis seringnya antri drpd kosongnya. Pas sabtu sore mo belanja daging ternyata toko yg 1 ini lagi lengag...krn dah sore juga kali ya. Coba celingak celinguk isi tokonya...hmmm emang banyak jenis daging dan jeroan yg aku kaga tau. Soalnya sumpeh di Indo taunya makan, kaga ngerti bentuk aslinya...apalagi disini bahasanya ajah dah bikin puyeng:). Iseng2 nanya ma si tukang daging sambil nunjuk jeroan yg aku incar "qu'est que ce?"....dan tentu saja si boucher lancar menjawab dlm bhs Prances yg makin bikin aku bingung...tp namanya penasaran dan pas aku tanya harganya ga mahal...yasudlah dibungkus aja deh bang....sambil minta tolong tulisin tuh jenis jeroan biar ntar gampang nanya ke om google. Daannn....kata om google ternyata itu limpa sapi (raté de veau)....ahhh syukur deh bukan jenis jeroan yg aneh. Di Indo aku pernah beberapa kali makan limpa...seperti dalam campuran coto makassar, bacem limpa temennya nasi pecel ato digoreng gitu aja. Lumayan enak nih jeroan...tp mungkin kolesterol tinggi hehehe....ga sering2 kok makannya:).

Sekedar percobaan pertama aku masak kalio biar suami mau disuguhin jeroan ini...hehehe...takutnya kl diolah yg lain ntar kaga doyan. Kalio itu rada mirip2 ama rendang menurutku...maaf loh kalo salah...jd aku pake cara cepet aja alias pake bumbu rendang instan Indofood stok dr Indo, tapi santannya dikit aja...karena si limpa akan mengeluarkan entah lemak ato apa yg cepet bikin kuah mengental. Untuk percobaan pertama masak limpa...sukses!


Bahan:
1. 1 buah limpa (±500 gr)
2. 1 bungkus bumbu rendang Indofood
3. 1 batang sereh, geprek
4. 1 lembar daun salam
5. 3 lembar daun jeruk
6. 1 ruas jahe, geprek
7. 100 ml santan
8. 200 ml air
9. 1 sdt minyak untuk menumis
10. Air untuk merebus

Cara membuat:
1. Rebus limpa dan tambahkan jahe ke dalamnya. Rebus sampai limpa matang. Buang airnya, dinginkan limpa setelah itu potong2 kotak ukuran 4x5 cm.
2. Tumis bumbu rendang Indofood, tambahkan sereh, daun salam dan daun jeruk. Tumis sampai wangi.
3. Masukkan potongan limpa dan tambahkan air ke dalamnya, aduk merata. Masak dengan api kecil sampan air menyusut.
4. Ketika air sudah menyusut masukkan santan, aduk merata masak kembali sampai kuah menyusut dan mengental, cicipi rasanya. Angkat dan hidangkan bersama nasi panas:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...