Selasa, 23 November 2010

Buras

Walaupun kami bukan orang Makassar, tp kl ditawarin buras dengan senang hati menerima. Buras lumayan banyak ditemui di Balikpapan (ampe bingung ini sebenernya makanan asli orang Kalimantan apa Makassar ya?) dengan aneka lauk pendamping...ada yg dengna daging kuah semacam gulai, ada yg dengan ikan suwir semacam abon, ada yg dengan bumbu habang...kayanya dengan apa aja cocok deh;)!.
Bikin buras juga ga direncanakan, krn lebaran Idul Adha ga niat bikin apa2 tp menjelang sore kok jd kepikiran bikin sop konro ditemani buras. Kebetulan punya 2 lembar panjang daun pisang yg udah mulai lemes banget karena kelamaan di kulkas itu jg makenya tetep dihemat2 hehehe. Akhirnya aku buat buras versi cepat ala aku aja deh...ga pake cari2 resep...pake feeling aja. Agak stress waktu soal mengikatnya aja, seingatku kalo beli liat ikatannya rapi bener mengelilingi buras cuman ya aku yg namanya amatiran sebisanya aja deh ngiketnya yg penting terikat hahaha. Pas bikin buras ini ga pake santan sama sekali karena takut blenek soalnya buat temen makan sop konro yg udah 'berat' tp kl buat lain kali mo pake santan encer deh biar agak gurih. Masak nasinya juga ga pake aron di panci...langsung aja pake rice cooker hehehe...pasti yg mahir soal per-buras-an bakalan protes...maaaappp.

Buras yg baru selese diiket Buras yg jadi setelah dikukus

Bahan:
1. 3 mug beras, cuci bersih dan tiriskan
2. 3 mug santan cair (kemaren bikin ga pake)
3. Air
4. 2 sdt garam
5. 2 lembar daun salam
6. Daun pisang (kalo ada pilih yg agak tua/hijau tua dan muda banget/hijau muda)
7. Tali rapia ato benang memasak, potong sepanjang 50 cm

Cara membuat:
1. Campur dalam rice cooker: beras, santan, dan garam. Tambahkan air sampai ukuran air dari batas atas beras 2 ruas jari (tergantung jenis berasnya tp usahakan jadi nasi yg lembek banget tp bukan jadi bubur loh ya). Aduk rata tambahkan salam. Tekan tombol cooking.
2. Sembari itu siapkan daun, Lemaskan daun agar tidak mudah pecah saat dilipat dan diikat nantinya. Karena matahari sekarang enggan panas jd aku melemaskan daun dengan meletakkan daun sebentar di atas air rebusan (cukup sekedar lemas bukan mateng loh ya). Jika ada daun berwarna hijau tua potong tiap 25 cm dan daun berwarna hijau muda (sebagai alas dalam) setiap 8 ato 10 cm.
3. Begitu bunyi klik (jd warming) segera aduk rata nasi karena santan akan mengumpul di bagian atas nasi.
4. Bentangkan daun yg berwarna hijau muda di atas hijau tua (aku cuman punya daun hijau tua semua) kemudian tuangkan 1 centong nasi ke atasnya ratakan menjadi ukuran segi empat 8x15 cm dan padatkan. Kemudian lipat daun ke kanan/kiri kemudian ditutup dengan melipat dr atas dan bawah ke tengah. Kerjakan sampai selesai.
5. Tumpuk 2 buras dengan posisi yg terlipat saling berhadapan kemudian ikat dengan tali ato benang. Ikat bagian atas terlebih dahulu, lilit ke bagian tengah sampai bagian ujung. (agak stress pas di bagian ini tp lakukan aja semampunya yg penting terikat dan membentuk lekukan)
6. Kukus selama 30-45 menit. Angkat dan dinginkan.
7. Siap disajikan bersama hidangan/lauk yg disukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...