Jumat, 05 November 2010

Peyek Kacang

Ini sih buatnya dah berbulan2 yg lalu cuman belum di upload ke blog aja...file nya nyelip hehehe. Gini deh kl lagi melow kangen masakan Indo, rela2in masak dengan ritual seperti biasanya...minta petunjuk ke om google, semua resep dipelototin ampe nemu yg pas di mata setelah itu tetep aja mah main feeling kalo aku:) hehehe.

Kesampaian bikin peyek karna dah punya wajan yg kaya di Indo alias wok, yg pinggirannya ga tegak banget itu loh, jd bisa nuangin adonan dr pinggiran wajan. Tepung berasnya masih stok bawaan dr Indo ternyata tepung beras mah di toko asia sini juga ada.

Setelah peyek jadi, simpan dalam toples pas buat temen makan pecel ato gado2...alamakk mantab pun!


Bahan:
1. 200 gr kacang tanah, belah 2
2. 100 gr tepung beras
3. 1 sdm tepung tapioka
4. 400 ml santan (150 ml Kara + 350 ml air)
5. 5-8 lembar daun jeruk, iris tipis
6. 1 sdt garam
7. 1 sdt air kapur sirih (ga pake ga punya soale)
8. Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
1. 3 siung bawang putih
2. 3 butir kemiri
3. 1 sdt ketumbar
4. 1 cm kunyit

Cara membuat:
1. Campur tepung beras dan tepung tapioca, tuangi santan sedikit demi sedikit, sisakan 50 ml santan untuk mengecek keenceran adonan.
2. Masukkan bumbu halus dan irisan daun jeruk, aduk rata. Cek keenceran adonan, kalo masih kental tambahkan santan.
3. Panaskan minyak banyak dalam wok/wajan dengan api sedang. Ambil 1 sendok sayur adonan, beri 1 sdm kacang tanah ke dalam sendok sayur, tuangkan adonan di pinggiran wajan secara merata. Siram2 dengan minyak agar adonan yg menempel di dinding wajan lepas. Goreng peyek sampai kuning keemasan.

Note:
1. Setiap mengambil adonan jangan lupa selalu mengaduk adonan yg di dasar baskom, karena kecenderungan tepung beras mengendap di dasar.
2. Jangan mencampur langsung kacang tanah di dalam baskom, campurkan kacang tanah ke dalam sendok sayur sesaat sebelum digoreng agar kacang tetep garing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...