Selasa, 02 November 2010

Tahu Campur

Untuk melengkapi rasa kangen akan kuliner 'berpetis' aku nyobain bikin tahu campur. Paaaallling suka makan ini, apalagi makannya pas panas-panas suedep tenan. Kuah petisnya yg hitam pekat memiliki daya tarik citarasa yg tiada terkatakan...lebay bangetlah judulnya. Punya sebotol kecil petis bener2 aku eksploitasi daripada dibiarkan entar malah berjamur...oohh tidaaaakkkk.

Aslinya kuah tahu campur ini hitam banget, wong kalo beli si tukangnya ngeraciknya ga nanggung2 bisa 2 sdm petis untuk 1 porsi, tp sih emang petisnya beda ma petis botolanku ini. Aku ga mungkin ngabisin stok petisku bisa sakau ntar aku hehehehe. Jadi kuahnya tdk terlalu hitam, tapi bau petisnya tetep terasa. Harusnya sajian ini dilengkapi dengan perkedel singkong, cuman selama disini aku ga pernah beli singkong. Liat sih ada di toko asia singkong bekuan gitu....cuman belum pengen belinya...blm kepepet hihihi. Untuk gantinya perkedel singkong aku bikin lentho kacang tolo aja, toh ntar bisa dimakan ma ayah dan sahnon.

Kalo di Indo petisnya diracik terpisah dengan kuah dagingnya, berhubung stok petisku cuman seiprit jd harus diakalin. Kalo aku semua tak campur dalam panci ben ngeresep boso jowone hehehe terus gitu harus pedes...suahh suahh suahh. Bumbunya mirip2 ma krengsengan tp rodo beda sitik. Dagingnya aku pake stok yg ada aja yg penting bukan daging has dalam ato daging tuk rendang (ga nyambung rasanya ntar). Kebetulan baru beli Parisien (daging iga yg udah tdk ada tulangnya) dan aku campur sedikit kikil dr kaki sapi yg udah aku rebus. Dagingnya kenyel kenyel gimana gitu...uenaak deh!

isian dasar tahu campur: mie kuning, tahu goreng, lentho, dan daun selada

Untuk 3 porsi
Bahan:
1. 2 buah tahu, goreng jangan terlalu kering, potong2
2. 2 buah lentho, potong2
3. 6 lembar daun selada, cuci bersih, potong2
4. 50 gr mie kuning, rebus sesuai petunjuk, tiriskan
5. Kerupuk udang

Bahan kuah daging:
1. 1 L air
2. 200 gr daging iga tanpa tulang, potong2
3. 100 gr daging dr kaki sapi (ga pake jg ga apa, kebetulan ada ajah)
4. 1 batang sereh, geprek
5. 2 lembar daun jeruk
6. 1 lembar daun salam
7. 1 cm laos, geprek
8. 1 cm jahe, geprek
9. 1 sdm gula merah
10. 1 sdt garam
11. 1 sdm kecap manis
12. 1 sdt petis
13. Haluskan: 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 3 buah cabe keriting, 5 buah cabe rawit merah, ¼ sdt terasi, ¼ sdt ketumbar
14. Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, tambahkan jahe, laos, daun salam, sereh dan daun jeruk. Tumis sampe wangi.
2. Masukkan potongan daging, aduk2 lalu tuangkan air. Masak dengan api sedang.
3. Tambahkan gula merah, garam, petis dan kecap manis. Aduk rata.
4. Masak sampai daging empuk dan kuah sedikit mengental.
5. Tata dalam piring: mie rebus, tahu goreng, lentho, daun selada kemudian siramkan daging dan kuahnya panas2. Lengkapi dengan kerupuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...