Jumat, 29 Oktober 2010

Ayam Goreng Tepung (Buttermilk Fried Chicken)

Udah lama penasaran ama ayam goreng tepung ala KFC itu apalagi suami doyan banget. Lapisan tepungnya yg keriting itu loh yg bikin aku penasaran. Di supermarket sih banyak produk tepung siap pakai yg katanya bisa bikin ayam goreng kriuk ala resto cepat saji itu, cuman aku ga pengen pake yg instan. Racikan yg diolah sendiri dan dr hati pastinya lebih nikmat hahaha. Ga ke-GR-an sih cuman buatku yg terpenting itu bukan hasil akhir tp proses sampai menghasilkan alias proses belajar itu yg terpenting. Buatku masak juga butuh latihan dan belajar.

Coba2 cari resep di youtube nemu ayam goreng tepung yg aku maksud, ternyata dimarinade dengan buttermilk. Wedew...kaga tau istilah buttermilk disini, browsing lagi deh alternatif pengganti buttermilk...yipppi I got it! Ternyata bisa diganti dengan 200 ml susu segar + 1 sdm air jeruk nipis/cuka. Untuk bumbu2 lainnya aku sesuaikan ketersediaan aja (ga mau neko2 nyari yg ga ada). Nah...sekarang soal ayamnya, sejak disini aku lebih sering beli ayam yg udah potongan seperti sayap, paha utuh ato filet dada aja. Soalnya ga punya 'perlengkapan perang' tuk motong2 ayam sih. Pernah nyoba sekali minta ma tukang daging tuk potong ayam jd 8 bagian...ahh hasilnya ga memuaskan (ga seperti potongan ayam di pasar Indo)...entah apa aku salah ngomong ato mereka yg ga biasa ayam dipotong kecil2 gitu...who knows. Jadi tuk bikin ayam goreng tepung ini aku pake paha aja deh.

1 ilmu yg aku dapet dr bikin ayam versi ini ternyata ayam yg direndam dalam buttermilk akan menghasilkan daging yg juicy/empuk dan gurih meresap sampai ke dalam. Ga percaya??...cobain deh!


Bahan:
1. 4 potong paha ayam, bersihkan beri perasan air jeruk nipis, bilas dan tiriskan.
2. 200 ml buttermilk (aku ganti dengan 200 ml susu cair + 1 sdm air jeruk nipis, aduk lalu diamkan hingga agak mengental)
3. 1 sdt bawang putih bubuk
4. 1 sdt garam
5. ½ sdt merica bubuk
6. Minyak untuk menggoreng

Bahan lapisan tepung, aduk rata:
1. 150 gr tepung terigu serba guna (type 45 kl disini)
2. ½ sdt garam
3. ¼ sdt merica bubuk
4. ¼ sdt bawang putih bubuk

Cara membuat:
1. Dalam wadah campurkan ayam dengan garam, merica dan bawang putih. Remas2 hingga bumbu merata. Siramkan buttermilk ke dalam wadah, aduk rata.
2. Simpan rendaman ayam di dalam kulkas minimal 6 jam (aku kebablasan ampe lebih dr 24 jam…Alhamdulillah ga kenapa2:D)
3. Tiriskan ayam dan gulingkan ke dalam tepung berbumbu, bolak balik hingga ayam tertutup tepung semuanya, tepuk2 biar tepung yg ga nempel bisa lepas.
4. Goreng dalam minyak banyak dan panas (deep frying) sampe kecoklatan. Angkat dan tiriskan di atas tisu dapur.
5. Sajikan dengan sambal botolan…hmmm sedaaaapp!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...