Senin, 25 Oktober 2010

Martabak Bolu

Pas mo ke Bandung krn ada urusan 'penting' temen kantor pesen marbol Golden Bell buat oleh2, katanya lg in nih marbol di Bandung...walo belum seterkenal bolen pisang Kartika Sari. Kucoba hub per telepon ternyata bisa diantar asal pesenan min 4 box...baguslah kalo gitu, toh aku jg ga sempet buat jalan2 beli oleh2 lainnya. Jadinya aku beli 6 box isi keju dan coklat buat oleh2, baik juga loh mo nganter ke hotel malam sebelum aku check out....katanya bener2 fresh.

Pas udah nyampe Balikpapan aku buka tuk di rumah 1 box isi coklat, ternyata....ini lebih mirip cake/bolu tp bentuknya seperti martabak manis alias berbentuk 1/2 lingkaran gitu. Rasanya masih lembut walopun dimakan 2 hari kemudian. Keinget cemilan manis ini aku coba buat disini, resepnya aku kira2 aja...sayang aku ga punya cetakan martabak, jd cuman pake teflon datarku yg ukuran mini itu, karena wajanku ga terlalu tinggi jd aku ga berani buat marbol yg tebel...takut udah gosong duluan tp blm matang merata. Tp hasilnya oke loh...lembut, ayah ma Sahnon msh doyan buat sarapan besok paginya. Tuk takarannya aku gaya2an pake cup...padahal cup nya beras (bawaan rice cooker), lg malas ngeluarin timbangan soalnya:).


Bahan:
1. 3 cup tepung terigu protein tinggi (type 55 kl disini)
2. 2 butir telur
3. 1 cup gula pasir
4. 150 ml susu cair
5. 1 sdt fermipan/yeast
6. ½ sdt baking powder
7. ¼ sdt soda kue

Bahan isian:
1. Keju parut (enaknya pake cheddar Kraft, krn ga ada aku pake keju edam)
2. Susu kental manis
3. Coklat meises (kl ga ada pake coklat masak/DCC, diparut pake parutan keju)
4. Kacang tanah yg udh digoreng, blender bentar biar agak hancur ato cincang kasar
5. Mentega tuk mengoles

Cara membuat:
1. Campur rata dan ayak: tepung+baking powder+fermipan. Sisihkan
2. Mixer telur dan gula pasir sampai mengembang (warnanya kuning pucat). Masukkan campuran tepung selang seling dengan susu cair. Mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Diamkan minimal 30 menit.
3. Panaskan wajan datar dengan api sangat kecil (aku pake no 1). Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata.
4. Tuangkan adonan ke dalam wajan, ratakan. Tunggu sampai muncul pori2 di permukaan kue lalu tutup (aku pake tutup panci, kebetulan ukurannya pas).
5. Masak kurang lebih 10 – 15 menit sampai matang sempurna. Angkat lalu panas2 olesi mentega, beri bahan isian dan katupkan menjadi ½ lingkaran.
6. Siap disantap bersama teh hangat di sore hari…hmmm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...