Kamis, 07 Oktober 2010

Gado-gado Madura

Aku demen gado2 di Balikpapan yg dijual ma bibi2 madura dengan "peralatan perang" dipanggul di atas kepala ngider ke rumah2. Ga usah dilihat proses memasak dan kebersihannya deh, krn gado-gado olahan tangan mereka itu uenakk...apalagi kalo yg doyan petis...mantaff!! temen pernah berkelakar...justru krn tampilan dagangan mereka yg "jorok" itu yg bikin enak hahahaha. Suami ampe sekarang jg masih ga mo nyoba gado-gado madura...padahal dah aku bujuk rayu loh..ga mempan!

Dah 2 bulan lebih pengen gado2 ini cuman rahasia utamanya yaitu si petis tak kunjung ada. Untung saja ada temen suami (org Prancis) yg akan balik kesini setelah tugas di Indo...nitip deh ma dia dg harap2 cemas mudahan bau si petis tidak sampai ke hidungnya:). Dapet petis 1 botol ukuran kecil menimbulkan hasrat per-petis-an ku menggebu2. Sejumlah panganan jawa timur yg memakai petis udah berderet rapi di kepalaku...tinggal tanggal mainnya aja yg belum jelas. Walopun aku lahir dan besar di Balikpapan, tp makanan khas Surabaya bener2 melekat di lidah dan hatiku...tak bisa berpaling!. Akhirnya aku putuskan tuk buat gado2 ala bibi madura itu...tp sayang hiks...aku ga kebagian kangkung di toko asia (pdhal dah datang di hari sayuran fresh tiba...tp rupanya aku kalah cepat), ke supermarket nyari bayam sbg pengganti jg kehabisan...oalahh mo makan gado2 aja kok ya ribet bener. Akhirnya pake sayuran yg keliatan mata aja deh, yg penting sambalnya pake petis wes mantep rek! kebetulan punya kerupuk uli pemberian temen yg pulang ke Indo..klop dah!


Pagi2 sambil nyiapin sarapan kakak dan ayah, aku buat lontongnya. Alhamdulillah punya panci presto jadi 45 menit lontong dah siap. Walopun lontong yg kubuat dibungkus plastik (krn ga ngerti bikin lontong pake daun) tp rasanya ga kalah ma lontong di Indo hehehe.....muji diri sendiri ah:). Aku buat super pedes sambil makan di teras rumah...biarin aja kl tetangga nyium 'bau wangi' petis...siapa tau mereka pengen:) qiqiqiqi.


Bahan:
1. Lontong, potong kotak
2. Taoge panjang, bersihkan dan rebus sebentar, tiriskan
3. Buncis, bersihkan potong panjang, rebus, tiriskan
4. Timun, cacah kasar
5. Tahu goreng, potong kotak
6. Tempe goreng, potong kotak
7. Telur rebus, belah 2
8. Daun selada, potong kecil2
9. Kerupuk uli/kerupuk nasi


Bumbu gado2:
1. 1 sdm kacang tanah yg sdh digoreng
2. 3 buah cabe (cabe sini lumayan pedes)
3. 2 potong bawang putih goreng (setara dengan separuh bawang putih seger)
4. ½ daun jeruk
5. ½ sdt petis
6. ¼ sdt garam
7. 1 sdt air asam jawa
8. 1 sdm gula merah
9. Air matang secukupnya


Cara membuat:
1. Haluskan bumbu gado2, boleh diulek biar ky bibi2 madura itu…atau diblender biar praktis (hehehe…itu saya…soalnya cobekku kecil banget hihihi)
2. Campur semua bahan gado dan bumbu, aduk rata. Sajikan.


*untuk 1 porsi…krn untukku seorang*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...