Rabu, 27 Oktober 2010

Lentho Kacang Tolo

Udah 3 kali wiken cuman ngendon di rumah aja krn msh cacar (kasian kl ampe nularin org lain)...yg ada kalo di rumah pengennya ngunyah mulu...cuaca dingin jg mendukung sih:). Sebenernya pengen makan mageli kacang ijo seperti yg ada di Balikpapan, cuman ga punya stok kacang ijo. Yg ada di kulkas kacang tolo yg udah direbus mo dibuat sambal goreng ntar...pikir2 pake aja kacang tolo kan jadi lentho trs rasanya dibikin kaya mageli aja deh. Biasanya lentho itu buat temen makan lontong balap...makanan khas surabaya...tp aku ga gitu seneng lontong balap (tp siapa tau ntar kangen jg makanan ini hehehe). Berhubung ga punya singkong, adonan lentho nya pake tepung tapioka aja deh...ga mesti sempurna plek ngikutin resep di Indo kan:).

Aku bikin juga sedikit aja, cuman 5 biji karen yakin ayah dan Sahnon ga bakalan mau makanan begini. Pas udah jadi ayah nanya "apa tuh bun?". Biasanya sih ayah percuma disebutin nama makanan, krn ga bakalan diinget ma dia mah...jd aku deskripsiin aja bahan dan cara pembuatannya...dan jawaban ayah "ngga mau ah!". Ga sakit ati sama sekali aku mah...dah kebal hehehe...dah tau kebiasaan suami. Trus aku cuman bilang "just one bite"...ga enak ati kali yee ma istrinya si ayah mau jg nyicipin...tapiiiii....ternyata bukan sekedar nyicipin tp ngabisin. Ayah bilang "enak kok bunda, mau dong". Dan seperti biasanya...Sahnon itu copypaste ayahnya banget...kl ayah nya makan pasti diminta, ternyata Sahnon jg mau walopun tiap gigit sekali plus minum seteguk...hehehe...soalnya bunda bumbuin pedes lentho nya. Alhasil Ayah ngabisin 2, Sahnon jg 2 dan bunda cuman kebagian 1...huaaa....kesel tp seneng hahaha tak percuma eksperimenku:).

Bahan:
1. 1 genggam kacang tolo, rendam semalaman lalu rebus, tiriskan (kebetulan aku punya stok yg udah direbus tuk bikin sambal goreng)
2. 2 sdm tepung tapioca
3. Minyak tuk menggoreng

Bahan halus:
1. 2 buah cabe
2. 1 siung bawang putih
3. 1 siung bawang merah
4. Gula pasir
5. Garam

Cara membuat:
1. Ulek kasar kacang tolo. Kalo aku tak blender 5 detik aja, jgn terlalu halus biar pas dimakan masih kerasa kacang tolo yg utuh:)
2. Campur kacang tolo ulek, bumbu halus. Aduk rata. Tambahkan tepung tapioca, aduk rata lagi.
3. Bentuk2 sesuai selera. Kalo aku seneng bundar tipis biar kres kres kalo dimakan
4. Goreng hingga coklat keemasan.
5. Kalo mau lebih pedes makannya pake cabe rawit ijo di kletus…suaahhh pedess!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...