Senin, 25 Oktober 2010

Sop Buntut

Kalo pas ke toko daging halal liat ada buntut sapi rasanya pengen beli cuman liat ukurannya yg panjang gitu jd mikir2 soalnya siapa yg bakalan habisin...ayah dan aku jg ga gitu2 doyan amat. Terus pas kapan itu kesana lagi buntutnya sisa separuh ga terlalu besar, akhirnya penasaran dibeli aja deh...beratnya ga nyampe 1 kilo dipotong2 ma tukang dagingnya jd 6 ato 7 potong gitu. Hehehe...pengen nyobain masak sop buntut aja sih...biar ga penasaran:).

Biar cepet aku rebus buntutnya pake panci presto Signora (eh bukan promosi loh ya...punyanya ini soalnya hahaha), 40 menit udah empuk. Nah sebagian org kan menghindari makan buntut krn kandungan lemak (kolesterol) nya yg tinggi. Kalo aku siasatin setelah direbus di presto, pisahkan air dan buntutnya. Airnya (kl dah dingin) masukkan ke kulkas (dlm wadah tertutup tentunya) minimal 2 jam. Nanti lapisan lemaknya akan mengeras di bagian atas...nah itu yg dibuang. Aku lakukan ini sampai 2 tahap...jd kuahnya lebih jernih dan ga terlalu berlemak. Hehehe...harus bisa mensiasatin keadaan soalnya. Setelah itu baru buntut dimasak lagi bersama sayur yg sesuai tuk sop...nikmatin deh hangat2. Ayah ma Sahnon jg doyan, si ayah ga nyadar kl itu buntut hehehe dipikir daging iga...sengaja ga aku kasih tau dulu...takut ga mau makan kl tau itu buntut:)...setelah makan baru aku bilang kl itu buntut...and he's fine...no complain:).

Bahan:
1. 1 kg buntut sapi, potong2
2. 2 buah wortel, iris tebal
3. 10 buah buncis, potong jd 2 ato 3 bagian
4. 2 buah kentang, potong kotak besar
5. 2 batang seledri, iris
6. 1 batang daun bawang, iris
7. 1.5 L air
8. 1 ruas jahe, memarkan
9. Olive oil tuk numis
10. 4 buah cengkeh
11. ¼ sdt pala bubuk
12. ½ sdt merica bubuk
13. 5 siung bawang putih, geprek
14. 1 buah bawang Bombay
15. Gula pasir
16. Garam

Cara membuat:
1. Rebus potongan buntut bersama bawang Bombay utuh dan jahe. Aku gunakan panci presto, sekitar 40 menit. Ketika sudah matang, pisahkan buntut dan airnya. Dinginkan airnya dan buang lapisan lemak yg membeku di atasnya.
2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan buntut dan air bekas rebusannya (ambil jahe dan Bombay nya).
3. Masukkan potongan wortel dan kentang. Tambahkan bumbu2.
4. Ketika sayuran udah setengah matang, masukkan buncis, seledri dan daun bawang. Masak sampai semuanya matang. Cicipi rasanya.
5. Angkat dan siap disajikan. Lebih sedep kalo dilengkapi emping goreng, jeruk nipis dan sambal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...