Minggu, 31 Oktober 2010

Tekwan

Salah satu project buat long weekend ini adalah bikin tekwan. Kebetulan cuaca jg mendukung banget buat makan yg seger2 dan berkuah hangat. Selama disini baru 2 kali ini bikin tekwan krn dulu ga nemu beli dimana bunga sedap malam...ternyata ada di toko asia langgananku cuman bahasanya dried lily flower. Oalaaahhh...baru tau aku kalo bunga sedap malam itu ya bunga lily. Bahan isian tekwan yg perlu disiapkan terlebih dahulu yaitu pempek lenjer/bakso ikan. 2 minggu lalu aku bikin pempek dan nyetok pempek lenjer ukuran kecil di freezer, lumayan...ngurangin kerjaan buat masak tekwan jd lebih ringkes persiapannya . Bahan yg lainnya tinggal direndem air sampai ngembang seperti jamur kuping dan bunga sedap malam. Tekwan ga sempurna kalo ga pake udang menurut ayah, jd tuk kuahnya aku pake kaldu udang. Jadi udang utuh dicuci bersih lalu rebus, pas udah berubah warna, angkat ambil dagingnya aja, trus kepala dan kulitnya direbus kembali ke dalam air rebusan sebelumnya, masak dengan api kecil biar kaldunya keluar.

komposisi utama isi tekwan: pempek lenjer, jamur kuping, bunga sedap malam, & udang

Bumbu yg digunakan untuk kuah tekwan sangat minimalis hanya bawang putih, merica, gula dan garam. Namun kaldu dr rebusan udang membuat citarasa kuah tekwan sangat gurih ga perlu lagi deh yg namanya bumbu penyedap/MSG.

Bahan:
1. 3 buah pempek lenjer, potong2
2. 8 buah udang utuh, cuci bersih
3. 4 buah jamur kuping kering, rendam hingga mengembang lalu cuci
4. 20 gr bunga sedap malam, rendam hingga mengembang lalu cuci
5. 1 bungkus kecil soun, rendam air panas hingga mengembang
6. Seledri, iris tipis

Bahan kuah:
1. 2 L air
2. 3 siung bawang putih, geprek
3. 1 sdt merica
4. 1 ½ sdt garam
5. 1 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Rebus udang utuh sampai berubah warna, angkat udangnya. Ambil dagingnya, kepala dan kulitnya direbus kembali dengan api kecil dan tambahkan bawang putih. Sambil nunggu kaldu siapkan bahan lainnya.
2. Jamur kuping yg sudah mengembang dipotong2 kotak sesuai selera
3. Bunga sedap malam yg sudah mengembang diikat membentuk simpul
4. Ketika kaldu udang sudah jadi (airnya keruh), angkat/saring kepala dan kulit udang dr air rebusan. Masukkan potongan pempek dan jamur kuping. Tambahkan garam, gula dan merica. Cicipi rasanya.
5. Kemudian tambahkan bunga sedap malam dan udang. Aduk rata, masak sebentar lagi. Matikan kompor.
6. Cara penyajian: di dasar mangkuk beri soun, isian tekwan dan kuahnya. Taburi dengan irisan seledri. Lengkapi dengan sambal dan irisan jeruk nipis. Disantap hangat2 yah:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...