Sabtu, 30 Oktober 2010

Ayam Suwir Gurih

Menyambut long weekend (30 Okt - 1 Nop) si ayah dah pesen ajah menu makanan yg pengen dimakan selama libur di rumah. Ga tanggung2 pesennya...mie ayam, bubur ayam, siomay dan tekwan...ngalah2in menu warung nih!. Dan menu pesenan ayah ini juga kesenangannya Sahnon...kalo konsumen setia dah request koki ga boleh nolak deh...kudu di-iya-kan:). Menu yg dipesen emang ga aneh2 sih, Insya Allah bunda bisa masaknya...cuman kan itu yg direquest bnyk step2nya yg bukan tinggal osreng2 trus jadi...dijalanin dengan senang hati atu per atu pasti beres:)!

Soal bubur ayam, walopun aku lahir dan besar di kalimantan tp aku ga gitu suka ma bubur ayam samarinda...apalagi setelah ngerasain bubur ayam bandung yg biasa mangkal di Lap. Merdeka Balikpapan...langsung deh jatuh hati ma bubur itu. Minimalis tp rasanya nendang banget! hahaha...bola kalee. Ayam suwirnya keliatannya sih cuman ayam suwir...tp rasanya gurih deh...jd bukan sekedar ayam goreng biasa yg disuwir2...yakin deh!. Coba browsing sana sini buat ayam suwirnya bubur kok ga nemu yg sreg ya...ampe aku nemu blognya mbak Ayin yg bikin ayam serundeng. Penampilannya bukan seperti serundeng umumnya dan ini yg aku cari2. Tapi aku modifikasi sesuai feelingku aja deh resepnya, karena aku ga mau bikin serundeng. 1 jam dr persiapan ampe jadi selese diangkat dr kompor hasilnya bener2 sedep...gurih dan kering. Aku pikir sepertinya bakalan cocok juga buat temen makan nasu ulam, ketan ato buat isian lemper karena rasanya gurih, sedikit manis dan rasa pedasnya samar. Kalo lg punya waktu senggang...cobain ya masakan ini:).


Bahan:
1. 2 buah filet dada ayam, rebus yg penting ampe matang ga perlu lama2.
2. 150 ml santan (aku pake 50 ml Kara + 100 ml air)
3. 1 sdm gula merah
4. Garam
5. 1 batang sereh
6. 1 lembar daun salam
7. 3 lembar daun jeruk

Bumbu halus:
1. 1 buah cabe keriting
2. 2 siung bawang putih
3. 4 siung bawang merah
4. ½ sdt ketumbar
5. ¼ sdt jintan

Cara membuat:
1. Tumbuk ayam, aku pake ulekan biar ayam tercabik2. Suwir2 ayam seperlunya ga usah ampe halus banget.
2. Campur bumbu halus dan ayam tumbuk, aduk rata dan diamkan minimal 10 menit agar bumbu meresap.
3. Panaskan santan, beri tambahan gula merah, sereh, daun salam dan daun jeruk. Masukkan campuran ayam, aduk rata dan masak dengan api kecil. Beri garam dan cicipi rasanya.
4. Sesekali aduk agar bagian bawahnya ga lengket. Setelah santan agak habis, aduk terus dan tekan2 ayam hingga jd suwiran yg halus. Masak sampai kering dan jd suwiran yg halus. Angkat lalu dinginkan. Jika sudah dingin simpan dlm wadah tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...