Kamis, 07 Oktober 2010

Tahu Petis

Punya petis 1 botol kecil, bener2 aku eksploitasi tanpa ampun...abis udah kangen berat sih!. Si hitam yg pandai menggodaku ini walopun sebagian orang membencinya (termasuk suamiku) krn baunya yg 'terlalu wangi' buat aku tetep bumbu yg mampu melezatkan makanan. Buktinya tahu digoreng trs dikasih petis aja udah uenak tenan. Mungkin jg krn kalap hari ini selain bikin gado2 madura aku jg bikin tahu petis...yg makan tentu cuman aku lah...tak ada lawan tanding yg doyan soalnya:)

Kalo di semarang, di simpang lima nya banyak banget yg jualan gorengan dan salah satu menunya ya tahu petis, tinggal pinter2 aja milih mas2 penjual yg baek hati yg mau ngasih olesan petis lebih banyak hehehe...soalnya aku doyan banget tahu petis dimakan sambil kletus cabe rawit...puedess tp maknyos! Berhubung petis yg kupunya cuman 1 botol kecil, jd aku olah lagi buat olesan petisnya...biar hemat pemakaian petisnya...abis msh bnyk projek yg mo dikerjakan dg bahan petis ini. Kalo di Indo bisa puas2in deh pake petisnya:)

Bahan:
1. 1 blok tahu (setara dengan 2 potong tahu di Indo), potong sesuai selera (kl aku seneng yg ga terlalu tebel)
2. Haluskan untuk merendam tahu: 2 siung bawang putih+1 sdt garam+1/4 sdt ketumbar+air
3. Minyak untuk menggoreng

Bumbu petis:
1. 1 sdt petis
2. Haluskan 1 siung bawang putih bersama garam
3. 50 ml air
4. 1 sdm kecap manis
5. Cairan tepung terigu untuk pengental (katanya pake accord powder jg bisa, cuman ga ngerti yg kaya apa tuh barang)

Cara membuat:
1. Rendam potongan tahu bersama bumbu perendam, minimal 10 menit. Lalu goreng dengan tingkat kekeringan sesuai selera (kl aku suka yg kering).
2. Campur semua bahan bumbu petisnya dlm panci kecil dan masak sampai mengental.
3. Belah tahu tapi jangan sampai putus dan oleskan bumbu petis di dalamnya.
4. Sajikan dengan cabe rawit..kletus…puedessnyaa:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...