Kamis, 07 Oktober 2010

Botok Tempe

Saking doyannya ma tempe, aku sesumbar pesen 2 blok tempe ma si engkoh. Ternyata tempe yg dateng udah overcooked krn kepanasan selama perjalanan sepertinya (maklum lg hot2nya summer). Wong udah terlanjur pesen ya tak beli jg deh tuh tempe sambil mikir enaknya dimasak apa ya kl udah agak semangit gini. Kebetulan punya daun pisang jadilah aku bikin botok tempe ditambah pete (walopun pete botolan)...pedes, bau semangit tp tetep enak. Karena disini ga ada yg jual kelapa parut seger, jadi aku olah kelapa kering (yg org sini biasa buat kue) dikasih sedikit santan trus dikukus biar mirip kelapa parut:)..not badlah.


Bahan:
1. ½ blok tempe (200 gr), potong2 kotak, agak dipenyek dikit
2. 3 buah cabe ijo, iris serong
3. 5 buah pete, belah 2 (makin bnyk mkn enak, cuman aku kudu hemat2 makenya)
4. 1 genggam kelapa parut (aku pake kelapa kering campur santan lalu kukus)
5. Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
1. 2 siung bawang putih
2. 4 siung bawang merah
3. 3 buah cabe keriting
4. Kencur (dikit aja)
5. Gula
6. Garam

Cara membuat:
1. Campur dlm magkuk: bumbu halus, kelapa, pete dan tempe. Aduk rata.
2. Bungkus ke dalam daun pisang, semat dengan piting/steples.
3. Kukus selama 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...