Jumat, 15 Oktober 2010

Tongkol Balado

Ga banyak jenis ikan utuh yg aku beli disini, karena selain bentuknya aneh aku jg ngerti mo diolah apa. Jadi kalo ada tongkol (bonite) pasti aku beli, soalnya 3 bln sekali belum tentu ada ikan ini. Kalo di Indo sih tiap minggu pasti ada tongkol. Selain dibuat suwir pedas, tongkol juga biasanya aku balado, soalnya suami doyan yg model gini. Pernah aku coba buat asam-asam tongkol, suami ga doyan ....hmmm, drpd udah capek masak tp ga doyan jd mending masak yg pasti dimakan aja deh:).

Sejak musim panas kemaren di supermarket bnyk dijual cabe merah besar persis seperti yg di Indo, padahal ini diimpor dr Spanyol loh ga jauh dr Prancis kan, jadi kl mo buat balado lumayanlah sekarang, ga kaya dulu kudu pake paprika aromanya jd beda deh. Biar ada sisipan sayurnya balado ini aku tambahin kapri biar suami ga ada alasan ga makan sayur...hehehe ketahuan ya suamiku susah makan sayur, sebenernya sih ga susah...cuman aku pengennya beragam, ga sayur itu2 mulu yg dimakan.


Bahan:
1. 4 potong tongkol (bagian dada), beri perasan jeruk nipis dan garam, goreng.
2. 1 genggam kapri, bersihkan bagian tepinya
3. Minyak goreng

Bumbu halus:
1. 5 buah cabe merah besar, buang bijinya (suami ga tahan pedes soalnya:D)
2. 3 buah cabe keriting
3. 4 siung bawang merah
4. 1 siung bawang putih
5. Gula
6. Garam

Cara membuat:
1. Panaskan kembali sedikit minyak bekas menggoreng ikan, kemudian tumis bumbu halus hingga wangi.
2. Masukkan ikan goreng. Aduk rata hingga ikan tertutup bumbu, cicipi rasanya.
3. Jika bumbu sudah meresap sesaat sebelum diangkat masukkan kapri, masak sebentar. Angkat dan hidangkan bersama nasi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...