Jumat, 15 Oktober 2010

Krengsengan

2 Minggu sebelum kena cacar aku 'ngidam' petis...semua masakan pake petis rasanya mau dibuat (pengennya sih langsung makan, tp kan ga ada yg jualan). Padahal cuman punya 1 botol kecil petisnya, tp yg mo dimasak macem2 hahaha. Jangan2 aku kena cacar krn kebanyakan makan petis kali ya:)? hehehehe...ya nggalah...ga ada hubungannya. Emang udh kecapekan aja nih badan makanya gampang diserang virus.

Eh kok jd bahas cacarku.....kembali ke soal krengsengan. Sebenernya aku ga pernah tau nama makanan ini (ya iya wong dulu2 taunya tinggal emplok). Tapi ibuku duluuu pernah masakin daging bau petis gitu rasanya asin pedes, tapi ibuku sendiri namainnya tumis daging (standar bgt ya namanya?!). Akhirnya setelah 'berteman' dg om google kudapatkan nama asli makanan yg kumaksud, yaitu krengsengan. Daging yg enak dipake sebagian orang seneng pake daging kambing, walopun menu ini tdk diperuntukkan untuk suami (mana doyan suami makanan rasa petis) aku tetep ogah pake kambing. Aku milih pake daging iga sapi muda yg sedikit ada lemak2 kenyus2nya. Tau jenis daging ini jg dari temen pas acara buka puasa bersama. Temenku ini bikin rawon yg dagingnya ada lemak kenyus2nya (bkn gajih loh ya!)...trus temen cerita kalo lg beruntung di buceri halal biasa dijual dlm bentuk gulungan/roll. Tapi kl ga dipajang di etalasenya trs kita minta iganya disiangin gitu mesti order minimal 4 kg...busyett...ga bakalan order deh kl gitu...tunggu dipajang aja di etalasenya. Eh ga direncanain pas ke buceri nemu nih daging yg dimaksud temen, aku beli 2 gulung aja deh...sekedar tes lagian pemakan daging cuman 2 orang dewasa di rumah:).

Petis + Daging iga sapi muda Potongan daging iga + petis + kecap
Bahan:
1. 400 gr daging iga, potong2 kotak
2. 2 sdm kecap manis
3. 1 sdm petis
4. 15 biji cabe rawit utuh
5. 2 buah cabe merah besar, iris serong
6. 3 lembar daun jeruk
7. 1 batang sereh, geprek
8. Garam
9. Gula
10. 50 ml air
11. Minyak untuk menumis

Bumbu halus:
1. 3 siung bawang putih
2. 3 siung bawang merah (aku pake ½ bwg Bombay)
3. 5 buah cabe keriting
4. ¼ sdt terasi
5. ½ tomat

Cara membuat:
1. Campur rata dalam mangkuk: potongan daging + kecap + petis. Diamkan sambil menyiapkan bahan yg lain.
2. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk dan serai, masak sampai wangi.
3. Masukkan daging, aduk rata. Tambahkan kecap, garam dan gula. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Tambahkan sedikit air, masak hingga daging empuk.
4. Ketika daging sudah empuk masukkan cabe rawit utuh dan irisan cabe merah. Aduk rata sebentar. Cicipi rasanya kalo udah pas angkat dan siap disajikan.
Kalo udah dingin bisa disimpan dlm wadah dan disimpan dlm freezer untuk dikonsumsi lain waktu (soalnya yg makan ini cuman aku, suami ga doyan, supaya ga makan daging kebanyakan setelah masak aku bagi 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...